4 Tips Utama Dalam Berjualan di Facebook

Sebagai media sosial yang populer di Indonesia, tidak jarang Facebook difungsikan sebagai lahan untuk berjualan secara online. Memang banyak e-commerce yang bermunculan di Indonesia, tapi Facebook bisa dikatakan lebih mempermudah penjual dalam mempromosikan produk mereka. Tapi, terkadang ada dari penjual yang sembarangan berjualan di Facebook sehingga tidak bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.

Mereka tidak melihat berbagai sisi dalam menjual produknya di Facebook, mungkin karena terlalu fokus pada promosinya saja, terutama bagi pemulanya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat menggunakan Facebook sebagai media promosi produk Anda.

1. Adanya target pasar
Tentunya dalam setiap menjual suatu produk, Anda harus memiliki target pasar. Dengan adanya target pasar, bisa lebih mempermudah Anda untuk mendapatkan pelanggan dan tentu saja kedepannya bisa mendapatkan keuntungan dengan cepat.

Ketika menargetkan pasar produk, carilah yang sesuai dengan produk yang Anda jual, misalnya saja Anda menjual pakaian, maka Anda harus memikirkan target pasarnya ke kaum pria atau wanita, umur berapa, dan sebagainya.

Untuk memudahkan penggunanya yang berjualan, Facebook telah melengkapinya dengan fitur untuk mencari target pasar yang sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari target pasar secara manual, karena Anda hanya tinggal memilih dari beberapa opsi target pasar yang sudah disediakan Facebook.

Baca Juga:  Bagaimana Tips Menjaring Pelanggan Dari Facebook?

2. Akun Facebook penjualan dibedakan dari akun pribadi
Sebagian besar orang menganggap tidak masalah kalau mencampurkan akun pribadi dengan akun penjualan. Tapi cara tersebut justru sangat tidak disarankan. Kenapa? Karena pastinya setiap penjual pasti ingin mendapatkan keuntungan dari produk yang mereka jual, bukan?

Dengan mencampurkannya dengan akun pribadi, tentu peminatnya akan sedikit, karena kebanyakan pengguna Facebook malas melihat postingan penjualan yang justru dinilai sebagai spam. Kalau Anda mencampurkannya dan terus melakukan posting promosi produk, ada kemungkinan akun Anda akan di block oleh teman Anda.
Jadi alangkah baiknya Anda membedakan akun penjualan dengan akun pribadi.

3. Memberi diskon atau promo secara berkala
Untuk menarik minat pelanggan atau calon pelanggan, penjual pasti akan memberi diskon atau promo. Teknik seperti itu tentu akan membawa dampak yang cukup besar bagi penjualnya, baik dalam keuntungan penjualan atau banyaknya pemesanan.

Saat memberi diskon, tentukan berapa lama Anda akan melangsungkannya. Alangkah baiknya jangan menawarkan diskon dengan jangka waktu yang lama, karena justru akan membuat kerugian pada produk yang Anda jual. Berikan diskon untuk jangka waktu sekitar seminggu hingga 3 minggu, sehingga bisa menaikkan awarness produk Anda.

Penawaran promo pun juga begitu. Pada umumnya, promo dibagikan pada saat masyarakat sedang merayakan hari besar, seperti Natal, Idul Fitri, Tahun Baru, dan sebagainya. Di hari besar tersebut, pastinya akan ada banyak pelanggan atau calon pembeli yang mencari promo, maka dari itu gunakan kesempatan tersebut untuk menaikkan awarness Anda pula.

Baca Juga:  Mengapa Anda Harus Berpindah Ke Facebook Untuk Berjualan Sekarang Juga?


Yang perlu Anda ingat adalah berikan promo yang tidak berlebihan, misalnya beli 1 gratis 2 atau semacamnya, karena cara tersebut pasti akan memberi dampak kerugian. Cukup tawarkan beli 2 gratis 1 atau beri potongan harga di setiap minimal pembelian, tentu produk Anda akan mendapat banyak peminatnya.

4. Rajin membagikan testimoni pelanggan kepada calon pembeli atau pengunjung
Setiap interaksi pembelian yang terjadi, tentu pelanggan akan meninggalkan komentar atau testimoni pada produk yang Anda jual. Gunakan testimoni yang mereka berikan pada halaman penjualan produk Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari pengunjung-pengunjung lain atau calon pembeli.

Tapi jangan lupa, testimoni yang dibagikan harus yang bersifat positif dan tidak mengandung SARA, sehingga halaman pada akun Facebook penjualan Anda tetap aman dipakai dan mengundang nilai positif.

Cara-cara di atas adalah cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan Anda bahkan kepercayaan calon pembeli maupun pelanggan Anda. Terapkan terus tips tersebut agar Anda bisa menjadi penjual yang terpercaya.

Comments
Loading...