Alasan Anda Harus Memilih Whatsapp Untuk Media Bisnis

Whatsapp adalah satu dari sekian banyak media sosial yang digunakan oleh orang-orang saat ini untuk saling terhubung dengan orang lain. Tahukan Anda bahwa Whatsapp lebih sering diakses daripada media sosial manapun dalam sehari. Bisa Anda bayangkan bahwa Whatsapp akan selalu dibuka dan pesan yang di dalamnya akan selalu dibaca oleh orang-orang. Terlepas dari setelah itu akan dibalas atau tidak pesan tersebut.

Anda bisa memulai bisnis dengan memilih media sosial mana yang cocok dan sepertinya tepat menyasar banyak orang. Whatsapp adalah pilihan yang sangat tepat bila Anda menyadari alasan-alasan berikut ini.

1. Hanya Whatsapp Satu-Satunya Media Sosial yang Digunakan Secara Pribadi
Dalam artian, seseorang yang tidak terlalu senang menggunakan Instagram atau Facebook karena dianggap mengganggu dengan segala notifikasi tidak penting yang masuk, tentu akan memilih Whatsapp sebagai media sosial utama mereka. Whatsapp dapat menghubungkan mereka dengan orang lain dalam waktu yang relatif singkat. Whatsapp juga memiliki kemampuan untuk menunjukkan pada Anda apakah orang tersebut dalam keadaan aktif atau tidak.

Sangat berbeda dengan media sosial lain. Di Whatsapp, Anda akan mengetahui pesan Anda masuk dengan ceklis dua pada ujung sebelah kanan pesan Anda, ceklis satu bila ponsel dari orang yang Anda kirimkan pesan sedang mati atau tidak ada jaringan internet dan ceklis berwarna biru bila pesan sudah dibaca.

Baca Juga:  Geliat Bisnis Online Melalui Situs Jejaring Sosial

Karena Whatsapp sering dibuka setiap hari, maka tentu bila Anda menawarkan suatu produk pada orang, pesan yang masuk akan selalu dibaca oleh penggunanya. Berbeda dengan media sosial lain yang hanya dibuka sewaktu-waktu bila ada waktu senggang yang mereka miliki. Anda tentu tidak mau membuang terlalu banyak waktu untuk menunggu hal yang belum tentu akan terjadi, bukan?

2. Mereka yang Menggunakan Whatsapp, Rata-Rata Seorang Profesional
Bila tidak percaya dengan ini, Anda boleh bertanya pada dosen atau bos tempat Anda bekerja, media sosial apa yang sering mereka gunakan? Orang-orang yang bekerja tentunya tidak memiliki banyak waktu untuk bermain Instagram atau Facebook setiap hari. Mereka akan lebih memilih Whatsapp sebagai media untuk berkomunikasi yang tidak terlalu mengganggu mereka.

Bisa Anda bayangkan, jika Anda melakukan penjualan melalui akun Whatsapp pribadi orang-orang. Bila produk yang Anda tawarkan adalah apa yang sedang mereka cari, mereka tidak akan segan untuk langsung membalas pesan Anda di Whatsapp. Ingat, para profesional tidak memiliki banyak waktu ke toko dan mencari barang yang mereka inginan saat itu juga. Maka Anda adalah jawaban dari apa yang mereka inginkan selama ini.

3. Whatsapp Tidak Kalah Canggih dengan Media Sosial Lain
Anda mungkin masih ragu untuk melakukan bisnis di Whatsapp dengan mempertimbangkan kelebihan tools yang dimiliki oleh media sosial lain. Padahal Whatsapp sendiri sebenarnya memiliki tools yang sangat mumpuni untuk Anda gunakan berbisnis di sana. Apa yang Anda cari di media sosial lain? Video? Foto? Semuanya juga ada di Whatsapp dan Whatsapp memiliki resolusi tinggi yang tidak akan membuat foto atau video yang Anda kirimkan ke orang lain akan pecah.

Baca Juga:  Tutorial Cara Mengaktifkan Payoneer Account & Mendapatkanya

Whatsapp juga memiliki fitur pengiriman dokumen. Bila ada konsumen Anda yang tertarik misalnya dengan produk yang Anda tawarkan, Anda bisa mengirimkan review atau mungkin petunjuk penggunaan produk tersebut langsung di Whatsapp saat itu juga. Secara otomatis semua akan tersimpan dan bisa dilihat setiap waktu oleh si penerima.

Whatsapp mungkin masih kurang dilirik sebagai salah satu media yang sangat baik digunakan untuk memulai bisnis dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Jika Anda tetap memilih media sosial untuk beriklan dan sebagainya, tetap boleh. Tapi sebaiknya jadikan Whatsapp sebagai media sosial utama Anda dalam berkomunikasi dengan konsumen Anda. Agar komunikasi yang terjalin antara kalian tidaklah sekadar bisnis saja, tetapi ada kedekatan yang juga bisa terjalin di sana.

Comments
Loading...