Anda Akan Gagal Menjual Produk di Facebook Bila Tidak Memerhatikan Hal-Hal Berikut

Perkembangan digitalisasi yang saat ini terjadi, tentu saja semakin membuka lebar peluang-peluang usaha dengan menggunakan banyak kanal. Selain efisien, melalui media sosial, seseorang bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkan daripada harus merogoh kocek lebih dalam untuk beriklan melalui media arus utama seperti TV. Meskipun menurut riset terakhir, TV masih menjadi media yang paling banyak orang konsumsi sampai sekarang.

Kehadiran beberapa media baru seperti Instagra, Path dan Snapchat, tidak membuat Facebook terlupakan begitu saja. Sampai hari ini, sebanyak 1 milyar orang di dunia menggunakan Facebook setiap harinya. Entah itu untuk sekadar menuliskan status, mencari teman baru, atau mencari teman-teman lama mereka yang mayoritas orang berpendapat bahwa tidak mungkin di dunia ini seseorang tidak memiliki Facebook.

Jika melihat posisi Facebook yang belum terganti sampai sekarang, Anda mungkin akan mulai berpikiran untuk beriklan melalui Facebook. Melakukan pemasaran dengan menjadikan Facebook sebagai salah satu media, memang bukan hal yang salah. Tetapi Anda sepertinya akan gagal menjual produk Anda bila tidak memerhatikan hal-hal berikut ini.

1. Anda harus paham, siapa yang akan Anda sasar.


Dalam artian, Anda harus melihat bahwa segmentasi pasar Anda siapa. Siapa yang akan Anda sasar untuk membeli produk Anda. Apakah orang yang sudah bekerja, anak remaja perempuan, atau ibu rumah tangga? Misalnya, Anda memiliki usaha jual beli kemeja batik khusus pria. Anda bisa menyasar bapak-bapak yang sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri daripada harus menyasar anak lelaki SMA atau SMP.

Baca Juga:  Kesalahan Facebook Marketing Yang Harus Di Hindari

Anda harus paham kebutuhan mereka. Orang yang bekerja akan memiliki waktu yang jauh lebih sedikit daripada orang biasanya. Melihat kenyataan seperti itu, terkadang mereka juga tetap ingin tampil modis dengan mengenakan pakaian yang nyaman dan enak dipandang. Jadi sasarlah orang-orang seperti ini di Facebook, karena Anda bisa melihat profil mereka dan pasti Anda sudah bisa membedakan mana orang-orang yang bekerja dan mana yang tidak dari tampilan profilnya.

2. Kemas produk Anda dengan menarik dan unik.

Ada yang bilang bahwa ide dan kreatifitas itu sangat mahal harganya. Itu sangat benar, karena tidak semua orang bisa menemukan dan melakukan itu. Kadang orang-orang hanya berhenti pada batas ide dan tidak bisa mewujudkan ide tersebut. Bila Anda ingin terjun ke dunia bisnis online seperti yang sedang berjamur saat ini, Anda harus mampu membedakan produk Anda dengan orang lain.

Anda bisa menjual tas yang sama, dompet yang sama, atau benda-benda lain yang sama dengan orang. Tetapi Anda mengemasnya dengan sangat menarik. Jadi benda tersebut tidak hanya dimanfaatkan sebagaimana fungsinya, tetapi memiliki nilai estetika sendiri. Apalagi untuk kaum hawa yang ingin membeli barang semurah mungkin tetapi tidak pasaran.

3. Jangan pernah putus asa.

Terdengar klise sekali memang, tetapi Anda harus percaya bahwa orang-orang yang sukses hari ini adalah mereka yang gagal di hari-hari kemarin. Bukan sekadar memberikan motivasi, tetapi memang inilah yang terjadi. Bila sekali Anda gagal dalam menjual produk di Facebook, Anda boleh berhenti dan sejenak mengambil napas dengan baik.

Baca Juga:  Jurus Jitu Beriklan di Facebook Bagi Penjual Pemula

Setelah itu, mulailah mencari kesalahan Anda terletak di mana dan siapkan diri memperbaikinya. Apakah Anda sudah membuat produk Anda menjadi seunik mungkin? Apa mungkin harga produk Anda tidak masuk akal dan tidak bisa dijangkau oleh calon konsumen Anda? Atau Anda bahkan tidak tahu cara mengemas kata-kata yang menjual dan menarik orang.

Semua hal itu tentu harus menjadi fokus perhatian Anda bila ingin sukses menjadi salah satu penjual di Facebook. Sayang sekali bila digitalisasi hari ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal dengan itu, kita bisa menjangkau orang lain. Seberapa pun jauhnya mereka dari kita. Selamat mencoba!

Comments
Loading...