Belajar Facebook Marketing Untuk Pemula

Belajar Facebook Marketing Untuk Pemula
Facebook marketing merupakan salah satu cara yang sering digunakan orang untuk mempromosikan atau memasarkan produk mereka. Facebook marketing sendiri tak sama dengan Facebook advertising. Ya, tentunya strategi Facebook marketing Anda bisa meliputi periklanan, namun Facebook merupakan jejaring sosial yang seharusnya Anda gunakan untuk mengupayakan terjalinnya hubungan jangka panjang melalui konten yang berkualitas dan bukan untuk membuat penjualan. Dengan konsep tersebut, sebaiknya ada ketahui 3 tools dalam Facebook marketing yang bisa Anda gunakan untuk terhubung dengan target audiens dan cara untuk menyesuaikannya dengan perencanaan Facebook marketing Anda.

1. Pages
Bayangkanlah Facebook Page Anda sama dengan profil Facebook untuk bisnis Anda, dimana Anda bisa memposting konten, melibatkan para pengikut dan pada umumnya berpartisipasi atas brand Anda di setiap pengalaman menggunakan Facebook. Tak ada biaya apapun untuk membuat postingan di Facebook, jadi Anda tak perlu mengkhawatirkan budget anda yang terbatas.
Namun perlu untuk Anda ingat bahwa algoritma Facebook memprioritaskan konten dari keluarga dan teman-teman pengguna, jadi Anda tak bisa beranggapan bahwa para pengikut melihat postingan Anda secara organik. Pengaturan Facebook Anda merupakan langkah awal untuk membuat eksistensi bisnis Anda di Facebook. Anda akan memerlukanya sebelum Anda bekerja dengan Facebook advertising.

2. Groups
Groups pada Facebook memungkinkan para penggunanya untuk saling berbagi gagasan dan informasi dengan minat dan pemikiran yang sama dalam lingkungan komunitas online. Membuat Facebook group bisa menjadi efektif untuk mengumpulkan pengikut Anda di satu tempat dan jga mendorong mereka untuk saling berinteraksi, yang artinya Anda sudah membangun komunitas aktif yang membicarakan nama brand Anda. Membuat Facebook Group merupakan salah satu kunci untuk mengetahui bagaimanakah respon para pengguna terhadap nama brand bisnis Anda. Komunitas ini seperti terfokus dengan berapa jumlah anggota yang tak terbatas dan Anda bisa bergabung dengan diskusi atau percakapan yang mereka buat. Pengusaha dengan pesan yang menarik dan cerita brand yang bisa bermanfaat untuk para followers Anda akan mendukung pertumbuhan jumlah anggota bisnis Anda.

Baca Juga:  Kunci Sukses di Facebook Ads atau Beriklan di Facebook

3. Ads
Seperti iklan secara umum, baik itu tradisional maupun digital, Facebook advertising pada dasarnya merupakan konten yang Anda bayar untuk dibagikan kepada para pengguna yang ditargetkan secara spesifik. Hal in mengenai cara untuk mendapat perhatian terhadap brand Anda dan juga mencapai target konversi.

Setelah memahami komponen Facebook marketing, kini saatnya praktik Facebook marketing secara lebih detail yang bisa membantu Anda memaksimalkan pengembalian investasi Facebook marketing. Saat Anda memulai perencanaan Facebook marketing pertama Anda, mungkin Anda tak memiliki cukup informasi tentang siapa siapa yang mungkin akan terhubung dengan bisnis Anda di Facebook. Informasi terkait profil khalayak Anda merupakan hal yang terpenting untuk menentukan jenis konten Facebook yang paling sesuai untuk brand Anda.

Selain itu, konten Facebook Anda harus yang terbaik untuk memotivasi para pengguna terlibat di dalam postingan Anda. Setelah mulai untuk membagikan konten, Anda bisa menyesuaikan strategi berdasarkan dengan respon yang diberikan pada khalayak Anda. Selain itu, Anda bisa menelusuri keterlibatan khalayak Anda pada keterlibatannya dengan konten Anda di Facebook ads dan page melalui Business Manager atau Page Insights (link).

Nah itu beberapa hal penting yang perlu anda ketahui saat belajar facebook marketing. Semoga bisa membantu dalam memasarkan produk atau jasa anda di Facebook. Semoga bermanfaat.

Comments
Loading...