Bingung Memilih Perangkat Marketing yang Pas? Gunakan Whatsapp Saja

Bagi orang awam, menggunakan aplikasi messenger seperti Blackberry Messenger, Facebook Messenger, Line maupun Telegram untuk berjualan bisa cukup merepotkan. Hal ini tak lepas dari kebutuhan aplikasi tersebut akan perangkat smartphone dengan spesifikasi yang memadai. Bila Anda memiliki spesifikasi smartphone yang terbatas atau entry level, mengapa tidak mencoba marketing melalui Whatsapp?

Whatsapp Mudah Dipakai Kaya Fitur
Whatsapp merupakan salah satu aplikasi messenger dengan pengguna terbanyak di dunia. Aplikasi ini memiliki prosedur penggunaan yang cukup mudah layaknya layanan SMS. Mudahnya menggunakan Whatsapp bahkan ditengarai mampu menjaring konsumen 70% lebih baik daripada penggunaan sosial media.

Hal ini tak lepas dari adanya beberapa fitur yang memudahkan bagi pengguna Whatsapp untuk mengirim gambar, teks, video, rekaman suara, lokasi GPS dan broadcast serta group chat layaknya Blackberry Messenger. Aplikasi ini juga tidak terlalu boros penggunaan bandwidth data dan baterai.

Anda tak perlu login maupun menunggu loading contact dan bisa mematikan aplikasi serta mengaktifkannya jika ada pesan masuk. Aplikasi ini juga membaca kontak yang tersimpan di handphone secara otomatis sehingga Anda bisa melihat akun Whatsapp rekan bisnis dengan mudah dan cepat.

Pengguna Whatsapp Terus Berkembang
Dengan jumlah pengguna lebih dari 450 juta di seluruh dunia dan 1 juta pengguna baru tiap harinya, maka peluang untuk mempromosikan bisnis terbuka lebar.

Baca Juga:  Media Sosial Yang Dapat Digunakan Untuk Menunjang Bisnis Anda

Pengguna Whatsapp juga menunjukkan peningkatan aktivitas berkirim pesan antar penggunanya setiap harinya. Hal itu menandakan bahwa aplikasi ini tidaklah kalah dari aplikasi sejenis seperti Line, Telegram, BBM maupun Facebook Messenger.


Setidaknya 90% pebisnis kecil hingga menengah di Indonesia berpendapat bahwa Whatsapp sangat membantu mereka dalam berkomunikasi dengan konsumen. Whatsapp membantu mengembangkan bisnis dan berkomunikasi secara sederhana dan cepat tidak membutuhkan suatu spesifikasi smartphone khusus layaknya aplikasi messenger lainnya.

Tersedianya Whatsapp Bisnis
Demi memenuhi kebutuhan para penggunanya, Facebook merilis versi terbaru yakni Whatsapp Bisnis. Versi ini dibuat agar pengguna Whatsapp bisa memisahkan antara percakapan pribadi dengan percakapan bisnis. Aplikasi ini tentu akan memudahkan pemilik bisnis kecil hingga menengah untuk terhubung dengan konsumen.

Uniknya, Anda tak perlu membayar untuk bisa menggunakan aplikasi ini alias bisa diperoleh secara gratis. Anda juga tak perlu mengunduh aplikasi baru dan tetap bisa menggunakan Whatsapp seperti biasa. Anda masih memiliki kendali penuh atas pesan yang Anda terima, masih memiliki kemampuan memblokir nomor tertentu maupun melaporkan spam.

Ketika mengakses Whatsapp Bisnis, Anda bisa mengatur profil bisnis mulai dari deskripsi bisnis, website, email, alamat toko dan lainnya. Demi mempermudah transaksi bisnis, aplikasi Whatsapp Bisnis juga dilengkapi dengan alat perpesanan otomatis. Fitur ini akan melayani calon konsumen dengan memberikan jawaban cepat, pesan sapaan dan away messages.

Baca Juga:  Tips Menjalankan Bisnis Online Dengan Whatsapp Marketing

Bagi pemilik bisnis UKM, online shop sederhana, dropshipper hingga perusahaan besar, adanya fitur Whatsapp Bisnis ini tentu sangat menguntungkan. Ke depan, akun pemilik bisnis yang terkonfirmasi akan menjadi akun bisnis. Hal ini tentu akan memberikan kepercayaan lebih dari calon konsumen kepada pemilik bisnis.

Jika Anda memiliki Whatsapp dengan akun bisnis, tentu akan lebih mudah ketika hendak mengajak pembeli untuk membeli kembali, turut menjadi reseller, menjadi langganan atau mengajak calon pembeli baru. Suatu kesempatan yang tidak bisa Anda temui ketika menggunakan aplikasi messenger lain.

Memilih aplikasi messenger apapun untuk berpromosi tentu saja merupakan hak Anda sebagai pemilik bisnis. Namun, jika ada kesempatan yang lebih terbuka, lebih mudah dan lebih praktis seperti yang ditawarkan oleh Whatsapp, mengapa Anda tak mencobanya?

Comments
Loading...