Cara ampuh Mempromosikan Instagram untuk Jualan Online

Cara ampuh Mempromosikan Instagram untuk Jualan Online

tips jualan online di instagram

Cara ampuh Mempromosikan Instagram untuk Jualan Online
Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010, Instagram mengalami perkembangan yang begitu pesat terutama di Indonesia. Media sosial yang berplatform photo and video sharing ini sudah menjadi primadona yang digunakan oleh banyak orang. Menurut survey, pengguna aktif Instagram di seluruh dunia mencapai 500 juta.

Di Indonesia, pengguna aktif Instagram pada tahun 2016sekitar 22 juta. Dan, angka-angka tesebut tentunya bisa terus bertambah. Dengan data-data statistik tersebut, kini Instagram menjadi media sosial yang lebih populer dibadingkan dengan Twitter. Bagi pebisnis online dan pemilik brand, Instagram adalah pilihan yang sangat tepat untuk mempromosikan produknya dan meningkatkan omset penjualan. Apalagi dengan jumlah pengguna Instagram yang begitu banyak seperti disebutkan di atas.

Bagaimanakah cara untuk mempromosikan produk di Instagram? Seperti tujuan utamanya yakni sebagai media untuk berinteraksi satu sama lain, aktivitas promosi di Instagram harus mempertimbangkan keterlibatan brand dengan pengguna Instagram agar hasilnya bisa optimal. Berikut ini beberapa cara mempromosikan jualan di instagram:

1. Upload secara berkala
Ciri khas media sosial yakni adanya timeline yang tampil pada halaman depan dan juga menampilkan postingan yang terpopuler atau terbaru dari penggunanya. Demikian pula dengan Instagram. Memposting video atau gambar saja tak cukup jika tak diupdate secara rutin. Jika anda tak rajin update, maka followers kemungkinan besar anda akan lupa karena banyak foto dan juga video terbaru yang ada di timeline. Update foto dan juga video produk di Instagram tak harus dilakukan setiap hari. Anda hanya perlu untuk membuat jadwal yang teratur.

Baca Juga:  Strategi Membangun Online Shop Dengan Instagram

2. Posting foto atau video yang menarik
Foto produk yang menarik tentu saja akan memberikan kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Usahakan foto produk yang anda tampilkan adalah foto asli hasil dari memotret produk yang sesungguhnya. Memotret produk yang bagus tak bisa asal-asalan dan membutuhkan teknik tersendiri. Perhatikan angle pemotretan dan juga komposisi objek serta pencahayaan yang pas suoaya foto produk memuaskan.

3. Gunakan hashtag yang spesifik dan tertarget
Hashtag sangat berperan dalam mempromosikan sebuah produk. Dengan menggunakan hashtag yang tepat dan benar, maka kemungkinan produk anda ditemukan oleh pengguna Instagram lebih terbuka. Orang bisa tahu produk yang anda tawarkan dari hashtag yang diberikan saat mem-posting gambar/video. Pastikan hashtag yang diberikan adalah kombinasi kata-kata yang populer dan juga relevan dengan produk.

4. Posting di waktu yang tepat
Mengunggah foto atau video di Instagram harus memikirkan waktu yang terbaik agar mendapatkan respon dan perhatian yang tinggi dari audiens. Siang hari antara jam 12 – 2 adalah waktu yang bagus untuk menggunggah foto atau video. Sore hari jam 5-an adalah waktu yang sangat ramai dan bisa anda manfaatkan untuk meng-update foto produk. Selain itu, ada waktu yang terbaik untuk memperbarui postingan yakni jam 6 – 9 pagi dan juga antara jam 8 – 11 malam.

5. Pasang iklan Instagram
Anda bisa memanfaatkan iklan Instagram untuk mempromosikan produk anda. Iklan di Instagram tampilannya seperti halnya postingan biasa namun ada keterangan iklan atau sponsored pada bagian atasnya. Untuk bisa memasang iklan di Instagram, anda harus menggunakan fasilitas Facebook Business Manager (BM). Lewat akun tersebut, anda bisa menambahkan akun instagram anda dan mengatur format atau jenis iklan. Pada iklan instagram ada perintah ajakan kepada pengguna IG untuk menekan tombol yang sudah dipasang.

Baca Juga:  9 Hal Penting Tentang Instagram Stories

Itu tadi beberapa cara jualan di instagram yang bisa anda coba untuk mendapatkan banyak pembeli. Semoga bermanfaat.

Comments
Loading...