Cara Backup Postingan Blogger dan Pindah ke WordPress

Google yang merupakan pemilik layanan atau bos besar dari layanan blogger yang gratis ini, terkadang suka menghapus blog- blog yang dianggap sampah dan terkadang yang bukan sampah pun ikut- ikutan terhapus. Dan bila kita mengalami hal tersebut, bila blog kita menjadi salah satu yang dihapus oleh si bos besar google, maka kita gk bisa protes ya, ita hanya bisa meratapi dan membuat lagi dari awal.

Mengapa terhapus? Sebenarnya bila kita tidak berbuat aneh- aneh dan senantiasa selalu mematuhi TOS yang telah diberikan oleh blogger.com maka blog kita akan aman dari penghapusan tersebut. Intinya kita patuh aja deh sama si bos yang bikin peraturan.

Nah sebelum penghapusan itu terjadi, kita harus mengantisipasinya terlebih dahulu dengan cara backup postingan blogger dan pindah ke wordpress. Dengan cara backup postingan blogger dan pindah ke wordpress, kita bisa bersiap- siap dari penghapusan yang mungkin dilakukan oleh google dan kemungkinan terjadi pada kita. Dengan begitu kita tidak akan kehilangan postingan atau artikel yang sudah susah payah kita tulis.

Cara backup postingan blogger dan pindah ke wordpress

Langkah- langkah berikut ini merupakan sebuah antisipasi yang bisa kamu lakukan sebelum blog kamu di hapus oleh google, jadi ingat langkah- langkah ini untuk sebelum ya,.

1. Pertama- tama yang pastinya harus kamu lakukan yaitu log in atau masuk terlebih dahulu ke blog kamu. Lalu masuk pada menu setelan.

Baca Juga:  Cara Memasang Favicon di Blogger

2. Setelah masuk pada menu setelah klik menu lainnya. Lalu klik ekspor blog.

3. Nah hal terakhir yang perlu kamu lakukan yaitu klik unduh blog untuk selanjutnya disimpan pada komputer kamu.

Apa sih gunanya backup ini? oke, data dari backup ini bisa kamu gunakan nanti sewaktu-waktu ketika nasin malang menimpa blog kamu, yaitu terhapus oleh google. Dan ketika itu terjadi, kamu masih memiliki data- data atau postingan – postingan kamu sebelumnya, sehingga kamu tidak terlalu rugi besar. Cukup simpan saja data tersebut sebagai jaga- jaga.

Cara memindahkan blog yang sudah dihapus ke wordpress
Jika blog kamu telah dihapus oleh google kamu bisa memindahkan data postingan yang tadi sudah kamu backup.

Disiniah berfungsinya data hasil backup tersebut.

1. Sewa web hosting

Pertama kamu harus menyiapkan sebuah web hosting untuk menyimpan blog agar bisa diakses internet.

2. Add domain

Kedua tambahkan domain ke web hosting kamu. Domainnya yaitu domain yang sedang kamu gunakan di blogspot

3. Install wordpress

Langkah selanjutnya yaitu menginstal mesin wordpress di hosting kamu. Instal domain tersebut pada alamat domain yang akan kamu pindahkan.

4. Setting nameserver domain

Selanjutnya yaitu setting nameserver domain yang sedang kamu gunakan di blogspot ke web hosting barumu tadi, yang telah kamu sewa.

5. Setting URL permalink

Tahap ke lima yaitu masuklah ke dashboard blog kamu, di www.namadomain.com/wp-admin. Setelah masuk klik menu setting – permalink. Pilih bagian custon structure dan masukkan susunan permalink ini :
/%year%/%monthnum%/%postname%.html , selanjutnya klik save change.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu di Homepage Blogger / Blogspot

6. Impor postingan

Import postingan kamu, sebelumnya convert dulu file kamu menjadi xml versi wordpress. Dan import ke wordpress dengan masuk ke dashboard blog wordpress kamu lalu klik tools lalu import dan klik submit.

7. Selesai..

Semoga berhasil.

Comments
Loading...