Cara Membuat Halaman Statis

Bagi para blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan informasi ini. seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa ada beberapa tipe halaman dalam dunia blogspot, yaitu halaman posting, halaman statis, halaman index dan halaman error page. Masing- masing halaman tersebut merupakan bagian dari platform blogspot yang tentunya berbeda.

Ke empat macam halaman tadi pastinya memiliki fungsi dan cara kerjanya sendiri-sendiri dan tentunya berbeda, dari segi struktur data maupun url yang ditampilkan. Begitu pula halaman statis yang memilii fungsi dan perannya serta cara kerjanya tersendiri.

Halaman statis merupakan halaman yang andiri dan konstan serta tidak berubah atau stagnan setiap kali halaman tersebut dimuat. Karena halaman ini bersifat statis maka konten atau isi yang dimuat pun juga bersifat statis atau tidak berubah.Biasanya halaman statis ini digunakan untuk konten yang statis pula seperti about me, privacy policy, contact, dan lain- lainnya.

Tentu saja halaman statis ini berbeda jika kita bandingkna dengan halaman yang dinamis seperti halaman posting blog. Pada halaman posting akan berubah secara otomatis bila kamu menerbitkan atau memposting artikel terbaru. Sementara hal itu tidak akanberpengaruh pada halaman statis, meskipun kamu membuat halamn statis baru.
Namun, halaman statis ini masih bisa di edit kok, kamu jangan khawatir. Kamu bisa mengubah isi konten pada halaman ini jika kamu ingin mengubah sesuatu sesuai kebutuhanmu.

Baca Juga:  Cara Memasang Widget

Cara membuat halaman statis

Setelah mengatahui apa itu halaman statis, kamu juga perlu tahu bagaimana cara membuat halaman statis terebut. Umumnya membuat halaman statis ini tidak terlalu sulit, karena menu- menu telah disediakan untuk kamu para blogger jika ingin membuat halaman statis ini. berikut adalah cara membuat halaman statis.

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu masuk pada blog kamu.

2. Kemudian pilihlah menu laman disebelah kiri layar, lalu pilih laman baru. Kamu juga bisa memilih laman lainnya yang telah kamu buat sebelumnya.

3. Setelah membuka laman tersebut, isilah artikel atau apapun yang ingin kamu tampilkan. Lakukan seperti saat kamu ingin memposting sesuatu seperti biasanya.

4. Setelah itu yaitu melakukan pengaturan. Klik tab setelan, lalu klik preferensi penelusuran dan klik edit pengalihan khusus.

5. Selanjutnya kamu harus mengisikan simbol “ / “ tanpa tanda kutip ya pada kolom pertama. Kemudian isikan url halaman statis yang tadi kamu buat.

6. Lalu klik simpan.
Jumlah halaman statis dalam sebuah blog tidak dibatasi, semua bergatung pada kebutuhan kamu. Jika kamu membutuhkan dan ingin membuatnya, maka kamu bisa membuat sebanyak apapun yang kamu inginkan, entah itu 10 atau berapapun halaman statis tersebut.

Dan terkadang halaman statis di blog kamu itu bisa saja tidak ditampilkan secara otomatis oleh sebuah blogger, jadi yang perlu kamu lakukan yaitu melakukan penyetingan untuk menampilkannya. Cara menyetingnya pun gampang, yaitu dengan memilih opsi laman atau HTML/javascript di dalam add gadget pada menu layout.lalu atur da tampilkan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu di Homepage Blogger / Blogspot

Dengan memahami lebih dalam mengenai halaman statis, kamu akan bisa memanfaatkannya dengan lebih baik lagi kedepannya sehingga bisa memperlancar aktifitas blog kamu. Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu semua ya, jangan lupa untuk mencobanya dirumah dan semoga berhasil. Terima kasih dan sampai jumpa.

Comments
Loading...