Cara Optimasi Fb Ads melalui Targeting yang Tepat

Cara Optimasi Fb Ads melalui Targeting yang Tepat

Cara Optimasi Fb Ads melalui Targeting yang Tepat
Dengan pengguna lebih dari 1,35 milyar di seluruh dunia, Facebook disebut-sebut memiliki target audiens untuk segala jenis bisnis. Hal ini memang terdengar menjanjikan, namun sebenarnya agak merepotkan. Anda dituntut untuk mengetahui bagaiman cara membidik audiens yang tepat saat menggunakan Facebook untuk mempromosikan konten, produk, event dan lain sebagainya.

Untungnya Facebook sudah dilengkapi dengan fitur Facebook Ads untuk mempermudah para pengiklan dalam menemukan target audiens yang tepat. Penggunaan sistemnya cukup kompleks. Semakin baik Anda memahami fitur atau sistem Facebook Ads, maka akan semakin memuaskan hasil dari digital marketing Anda. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan target yang tepat melalui Facebook Ads:

1. Mengatur target audiens sesuai dengan kemiripan
Jika Anda sedang meningkatkan jumlah traffic pada blog dan juga menambah daftar pelanggan, maka fitur Lookalike Audiences adalah cara tepat yang Anda cari. Lookalike Audiences membantu Anda untuk memperluas target audiens namun masih memiliki profil spesifik yang Anda cari. Caranya yaitu menciptakan audiens yang mirip dengan target Anda. Jika tak memiliki daftar following yang banyak di Facebook, Anda masih bisa menciptakan Lookalike Audience dengan menggunakan perangkat Website Custom Audience. Setelah menentukan audiens ditiru, sebaiknya buat jangkauan menjadi lebih sempit ataupun luas. Facebook kemudian akan mencari 1% pengguna dengan karakter yang sama. Namun, untuk mengoptimalkan jangkauan, Facebook akan menampilkan iklan Anda dari 10% pengguna yang paling mirip dengan audiens Anda di negara tersebut.

Baca Juga:  Joint Group Kelamaan Proses Ribet Dll Gunakan Fitur Baru Ini Untuk Solusinya

2. Memanfaatkan fitur “Must Also Match”
Facebook memiliki fitur Detailed Targeting yang memungkinkan Anda untuk memilih target audiens berdasarkan dengan ketertarikan terhadap hal-hal tertentu secara spesifik dengan menggunakan fitur Must Also Match. Beberapa eksperimen pada industri dan kategori berbeda menunjukkan bahwa menggunakan fitur Must Also Match akan menciptakan engagement audiens sampai mencapai 25%. Misalkan, jika memilih Social Media Marketing sebagai minat Must Also Match dan Twitter sebagai minat biasa Anda, hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan dengan hanya memilih keduanya sebagai minat biasa.

3. Memanfaatkan fitur “Life Events”
Beberapa tipe bisnis bisa berjalan dengan penjualan yang dilakukan pada orang-orang dengan pengalaman tertentu di masa hidupnya. Jasa pindah rumah misalkan akan menarget Anda sebagai audiens jika Anda baru membeli apartemen atau rumah baru. Fotografer pernikahan akan menargetkan pasangan yang baru saja melangsungkan lamaran atau pertunangan. Momen-momen yang seperti inilah yang umumnya di share oleh orang-orang di timeline mereka dan Facebook memanfaatkan hal ini untuk dimasukkan pada fitur Life Events untuk ads mereka.

4. Menargetkan audiens yang Tech-Savvy
Orang-orang yang tech savvy cenderung sering melakukan pembelian dan sign up. Anda bisa meningkatkan konversi dengan cara menarget audiens yang tech-savvy. Sebagai advertiser, Anda bisa menggunakan perilaku sebagai dasar dalam menarget audiens. Menariknya, fitur Behaviors di Facebook Ads dapat membuat Anda mengurangi pengguna yang kecil kemungkinanya untuk melakukan konversi. Anda mungkin tak bisa menghapus perilaku tertentu, namun Anda bias menyiasatinya melalui Behaviors. Khusus untuk target audiens yang tech-savvy, hilangkan checklist di pilihan jaringan 2G/3G. Pilihlah yang menggunakan koneksi 4G dan Wi-Fi saja. Cara ini memungkinkan Anda untuk menarget audiens yang tech-savvy, cenderung sering mengklik ads dan menggunakan smartphone.

Baca Juga:  Tips Berjualan di Facebook yang Mudah dan Pasti Berhasil

Nah itu tadi beberapa cara ampuh untuk mengoptimasi FB Ads melalui targeting yang tepat. Semoga bermanfaat.

Comments
Loading...