Caranya Mengatur Laporan Keuangan Dalam Bisnis

Salah satu hal penting dalam keberlangsungan suatu bisnis adalah adanya laporan keuangan. Laporan Keuangan merupakan catatan tertulis secara formal mengenai keuangan dari suatu perusahaan guna mengukur kekuatan finansial, kinerja, dan likuiditas perusahaan tersebut. Laporan keuangan ini dapat mencerminkan dampak finansial dari transaksi bisnis suatu perusahaan dalam menjalankan bisnis.

Adanya laporan keuangan dapat digunakan untuk menganalisa kemajuan sebuah perusahaan, apakah perusahaan tersebut mengalami perkembangan yang pesat atau malah mengalami kebangkrutan. Namun, sayangnya, banyak perusahaan yang belum memiliki laporan keuangannya sendiri. Salah satu penyebabnya karena mereka tidak mengetahui dengan jelas bagaimana cara menyusun laporan keuangan dengan benar dan mudah.

Membuat laporan keuangan secara sederhana cukup mudah untuk dilakukan. Bisa dimulai dengan cara sebagai berikut;
1. Buat Buku Catatan Pengeluaran. Dalam buku ini catatlah semua pengeluaran mulai dari pembelian barang hingga pengeluaran sejumlah biaya secara jelas agar dapat memudahkan Anda dalam mengetahui berapa jumlah modal usaha yang telah dikeluarkan.
2. Buat Buku Catatan Pemasukan, termasuk hasil penjualan barang hingga piutang yang sudah dibayar. Upayakan catat pemasukan setiap harinya. Hal ini supaya memudahkan dalam membuat laporan bulanan.
3. Buat Buku Kas Utama. Buku ini merupakan gabungan antara buku catatan pemasukan dan pengeluaran. Fungsinya adalah untuk mengetahui lebih detail terkait seberapa besar jumlah kerugian maupun keuntungan perusahaan. Selain itu, Buku Kas Utama ini juga bisa dipakai sebagai dasar pembuatan perencanaan strategi perusahaan di masa depan.
4. Buat Buku Stok Barang secara continue dan setiap hari. Gunanya adalah untuk memonitor jumlah persediaan barang yang dimiliki perusahaan dan dapat dijadikan pedoman untuk menghindari adanya kecurangan yang kadang dilakukan oleh para supplier atau pegawai perusahaan sendiri.
5. Buat Buku Inventaris Barang untuk mencatat semua barang yang dimiliki perusahaan, baik itu yang sudah dibeli maupun telah diurus. Buku ini dapat berfungsi supaya aset perusahaan tetap terkendali.

Itulah cara mengatur laporan keuangan yang baik dan mudah. Setelah ini, cobalah untuk mulai membuat laporan keuangan perusahaan Anda sendiri. Karena, dengan memiliki laporan keuangan, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan sehingga mempermudah dalam mengambil keputusan bisnis. Demikian yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

exrush apps