Engagement atau Like: Mana yang Bekerja Lebih Baik untuk Facebook?

Engagement atau Like: Mana yang Bekerja Lebih Baik untuk Facebook?

Engagement atau Like: Mana yang Bekerja Lebih Baik untuk Facebook?
Ada suatu ketika page dengan jumlah like atau fans tertinggi dianggap menjadi page yang sukses. Namun apakah hal tersebut berlaku untuk saat ini? Like selalu dianggap sebagai ukuran yang utama untuk menilai kesuksesan page. Namun seiring dengan perubahan waktu, engagement sudah mulai mengambil alih. Sekarang ini, lebih penting untuk mengukur tingkat engagement dibandingkan like.

Pastikan bisnis anda sudah menargetkan siapa target yang diinginkan dengan jelas dan tipe konten seperti apakah yang ingin mereka bagikan agar tingkat engagementnya tinggi dan page yang interaktif.
Sosial media adalah tentang melibatkan audiens dan fans anda. Di sana tak ada gunanya memiliki ribuan fans namun tak ada keterlibatan dari fans sama sekali. Fans tersebut hanyalah sekedar hitungan jumlah dan tak memberikan berkontribusi ke page anda dengan cara apapun. Jika tak ada interaksi di dalam page, maka anda kehilangan permainan. Konten anda tak akan menjangkau orang dan kecil kemungkinannya mereka akan mendatangi page anda. Kualitas tentu saja selalu lebih baik dari kuantitas.

Bahkan, jika anda memiliki grup fans dengan jumlah yang kecil namun dengan interaksi yang tinggi, mereka akan bekerja sebagai influencer atau brand ambassador. Mereka akan mempengaruhi orang lain untuk like page anda. Misalkan jika seorang fans membagikan konten, mengomentari post, berpartisipasi di setiap aktifitas dalam page-anda, mereka akan meningkatkan jangkauan viral yang anda berikan. Partisipasi mereka akan muncul di feeds mereka atau di page anda, yang akan membantu anda menjangkau orang banyak dalam waktu bersamaan. Jadi, menaruh konten yang tepat di page diikuti denggan mendorong fans untuk terlibat dengan bisnis atau brand anda adalah aspek yang paling penting dari sosial media. Bisnis harus menerapkan ini jika ingin sukses.

Baca Juga:  Cara Merumuskan Strategi Facebook Marketing yang Impactful

Kecepatan engagement merupakan ukuran paling penting untuk menilai kesuksesan sebuah page. Hal ini bukan berarti like itu tidak penting, mereka sangat penting bagi page untuk memulai engagement namun selalu targetkan audiens yang tepat, yang tertarik pada anda sebagai sebuah bisnis atau brand karena ini akan membawa anda pada keterlibatan yang tepat.

Sebuah ‘Engagement‘ atau Interaksi sangat dibutuhkan pada semua jenis marketing, terutama pada dalam Online Marketing atau Digital Marketing. Interaksi antara anda terhadap followers atau pelanggan anda menjadi salah satu tanda kesuksesan Strategi Facebook Marketing yang sudah anda buat. Tak terlepas jika anda menggunakan Facebook sebagai salah satu channel untuk penjualan online anda. Jika anda bisa membuat interaksi atau ‘Engagement‘ dengan followers anda, tentu hal tersebut bisa membantu strategi facebook marketing anda. Engagement pada Facebook berupa Comment, Likes dan Share. Lalu, Bagaimanakah caranya agar meningkatkan jumlah Comment, Likes dan Share? Ini dia Cara Mudah Meningkatkan Engagement Pada page Facebook Anda:

1. Buatlah kalimat pertanyaan pada post anda
2. Gunakan gambar yang menari, jangan hanya berupa text saja
3. Aktiflah untuk membalas comment dari para followers
4. Gunakan ‘call to action‘ atau kata ajakan
5. Post status anda di jam followers anda paling aktif

Nah itu tadi sekilas tentang mana yang penting antara like atau engangement. Tentu saja engangement merupakan hal yang harus lebih diperhatikan karena akan sangat percuma jika liker kita banyak namun engangement pada post di page kita mimim atau bahkan tidak ada. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Kesalahan Facebook Marketing Yang Harus Di Hindari
Comments
Loading...