Hati-Hati, Malware Finspy Intai Pengguna Whatsapp

Mendengar kata FinsPay mungkin beberapa dari pengguna whatsapp ada yang sudah tahu dan mungkin juuga masih merasa asing dan bahkan sama sekali belum pernah mendengarnya. FinSpy merupakan implan terbaru yang berfungsi pada perangkat Android ataupun iOS. Adapun kegunaannya yakni memantau segala aktivitas yang ada hampir di seluruh layanan pesan terpopuler dan termasuk yang dienkripsi. Alat ini bisa memungkinkan penyerang memata-matai segala aktivitas perangkat serta mengekstrak data sensitif misalnya seperti lokasi GPS, gambar, pesan, panggilan, dan lainnya.

Lebih jelasnya, FinSpy ini merupakan alat perangkat lunak yang efektif sekali untuk melakukan pengawasan yang ditargetkan dengan diiringi rekam jejaknya, misalnya mencuri informasi yang berasal dari LSM internasional, pemerintah ataupun organisasi penegak hukum yang ada di seluruh dunia. Sang operator bisa menyesuaikan perilaku masing-masing implant FinSpy berbahaya guna menuju target ataupun kelompok target tertentu. Nah, untuk itu para pengguna Whatsapp dihimbau untuk berhati-hati dengan terjadinya serangan malware yang bernama FinSpy ini.

FinSpy ini dinyatakan bisa menyerang Whatsapp baik yang ada di android ataupun IOS. Parahnya, apabila smartphone terserang dengan yang namanya malware FinSp ini, maka hampir seluruh aktivitas pengguna pada perangkat bisa terpantau. Adapun fungsi malware FinSpy yaitu memantau pesan, lokasi, kontak, media yang telah tersimpan di perangkat ataupun di layanan aplikasi digital kayak Whatsapp ataupun Facebook Messenger. Semua data yang ada akan diekstrak dan ditransfer ke operator melalui SMS ataupun protokol HTTP.

Baca Juga:  Fitur Baru WhatsApp Pastikan Pengguna Tak Salah Kirim Gambar Lagi

Namun, kalian tak perlu khawatir, berikut cara mudah menghindari FinSpy yang menyerang, yakni:

1.Jangan biarkan smartphone ataupun tablet kalian dalam kondisi tidak terkunci.
2.Jangan melakukan jailbreak ataupun me-root perangkat sebab hal tersebut bisa membuat serangan dari pelaku kejahatan siber jadi lebih mudah.
3.Pastikan kalian selalu menginstal aplikasi yang ada di toko resmi Google Play ataupun App Store.
4.Jangan pernah mengikuti tautan yang mencurigakan dari kiriman tak dikenal.
5.Lakukan blokir instalasi program yang berasal dari sumber yang tidak dikenal.
6.Hindarilah pengungkapan kata sandi yang ada smartphone kepada siapa pun.
7.Jangan pernah sekalipun menyimpan file ataupun aplikasi yang tak kalian kenal dalam perangkat sebab bisa merusak privasi.

dan jangan lupa bila Whatsaap kita lemot cara mengatasinya silahkan kunjungi https://exrush.com/cara-atasi-whatsapp-yang-mendadak-lemot-tanpa-sebab/ .Sekian dan terimakasih.

Comments
Loading...