Inilah Cara UMKM Bisa Mengekspor Produknya Melalui Shopee

Shopee – Mungkin ada yang belum tahu bahwa Shopee Indonesia memiliki program yang membantu para penjual, khususnya pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk memasarkan produknya keluar negeri. Nama programnya adalah Ekspor Shopee. Para penjual yang mengikuti program ini bisa menjual produknya ke luar negeri dan memperluas bisnisnya dengan cara yang mudah tanpa dikenakan biaya apapun.

Inilah Cara UMKM Bisa Mengekspor Produknya Melalui Shopee

Namun, untuk bisa mengikuti program ini hanya seller terpilih dari Shopee yang bisa mengikutinya. Ada ada dua macam kategori UMKM yang akan dilibatkan dalam program Ekspor Shopee ini. Yaitu, UMKM binaan pemerintah dan UMKM binaan Shopee sendiri yang diberi nama Kampus Shopee.

Ada kriteria tertentu yang harus dimiliki toko seller sehingga bisa mendpatkan notifikasi untuk bergabung dalam program Ekspor Shopee ini. Selain itu, jika berminat, seller dapat melakukan pendaftaran dengan klik menu Upgrade Toko di halaman Toko Saya pada aplikasi Shopee.

Kriterianya, yaitu;
• Toko seller tersebut harus memiliki minimal 1 produk aktif dengan stok minimal 1 produk
• Berstatus aktif
• Masih menerima pesanan dalam 7 hari terakhir
• Memiliki akumulasi poin penalti kurang dari 3
• Toko seller tersebut menjual produk yang tidak termasuk dalam daftar produk yang dilarang untuk dijual di luar negeri. Diantaranya; furniture, bibit tanaman, makhluk hidup, vaporizer dan aksesorisnya, senjata dan aksesorisnya, kosmetik bekas, makanan baku, lensa kontak, minuman beralkohol, dan banyak lainnya.
• Penjual kategori produk kesehatan dan perawatan harus memiliki lisensi BPOM
• Tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar
• Toko seller yang bersangkutan harus mengaktifkan jasa kirim JNE Regular (Cashless), J&T Express, SiCepat Reguler, dan ID Express.

Pesanan dari program Ekspor Shopee ini berasal dari Malaysia, Singapura, dan Filipina. Adanya program Ekspor Shopee dari Shopee Indonesia ini menjawab tantangan pemerintah tentang meningkatkan ekspor produk lokal dan UMKM di marketplace. Sebab, program ini bertujuan untuk memperkuat para UMKM dan memastikan bahwa produk yang diekspor asli dari Indonesia dan benar-benar buatan dalam negeri.

Dalam program ini seller tidak mengeluarkan biaya apapun. Karena, ongkos kirimnya ditanggung oleh pembeli, sehingga seller hanya perlu mengirim pesanan ke gudang Shopee. Selanjutnya, tim Shopee akan menyesuaikan harga yang muncul di toko seller yang berada di luar negeri dengan mata uang di negara tersebut, termasuk ongkos kirim dan biaya lainnya. Itulah yang dapat disampaikan mengenai cara UMKM bisa mengekspor produknya melalui Shopee. Semoga bermanfaat.

exrush apps