Karena Dua Orang Kreatif Inilah Akhirnya Terlahir Aplikasi WhatsApp

Mengenal Penggagas Aplikasi WhatsApp – Apakah kamu adalah salah satu dari jutaan pengguna aplikasi WhatsApp? Sebagai aplikasi pesan instan yang saat ini sudah terkenal dan banyak penggunanya, pastinya awalnya ada cerita dibalik munculnya aplikasi ini. Sudah tahukah kamu bagaimana awal munculnya aplikasi WhatsApp ini? Jika belum tahu, yuk mengenal penggagas aplikasi WhatsApp dan mengetahui bagaimana awal mulanya aplikasi ini ada.Aplikasi WhatsApp ini pertama kali digagas oleh 2 orang sahabat, yaitu Jan Koum dan Brian Acton. Jan Koum sendiri merupakan orang yang lahir di Ukraina dan kemudian bermigrasi ke Amerika Serikat bersama keluarganya pada usia 16 tahun. Karena berasal dari keluarga miskin, Jan Koum bekerja sebagai seorang pesuruh. Namun, karena ingin berubah, pada usia 18 tahun Ia belajar kode pemrograman dan sempat kuliah di San Jose State University, tapi kemudian drop-out. Sedangkan, Brian Acton lahir dan besar di Michigan, Amerika Serikat. Ia sempat kuliah di University of Pennsylvania. Namun, kemudian memilih kelas ilmu komputer di Stanford University.

Brian Acton bekerja di Yahoo pada tahun 1996. Mereka berdua bertemu pertama kali saat Jan Koum menghadiri wawancara kerja sebagai systems security di Yahoo pada tahun 1997. Setelah bekerja di Yahoo, keduanya mengundurkan diri pada tahun 2007. Lalu, mereka menggagas aplikasi WhatsApp ini yang diluncurkan pada tahun 2009.

Baca Juga:  Advance group poster dan Whatsapp Marketing Blaster Update

Mereka menggunakan bahasa pemrograman Erlang untuk pembuatan aplikasi ini. Penggunaan bahasa pemrograman Erlang ini dianggap kuat dan solid, serta baik untuk industry oleh Brian Acton. Dikatakan pula bahwa salah satu motivasi pembuatan WhatsApp ini karena Jan Koum ingin menciptakan komunikasi berbasis ponsel yang demokratisyang tanpa iklan, permainan, dan gimmicks. Sehingga, pada awal diluncurkannya aplikasi ini, untuk melangsungkan hidup, layanan pesan instan ini mula-mula membebankan biaya bagi penggunanya di awal pemasangan.

Dengan semakin banyaknya pengguna WhatsApp, pada tahun 2014, WhatsApp diakuisisi oleh Facebook. Kemudian, pada Januari 2016, WhatsApp dapat digunakan secara gratis. Dan, dengan segala kelebihan yang dimilikinya, sekarang WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang begitu popular. Demikian sekiranya yang dapat disampaikan mengenai mengenal penggagas aplikasi WhatsApp. Semoga dapat bermanfaat.

Comments
Loading...