Kegagalan yang Akan Anda Dapatkan Bila Tidak Memperhatikan Hal Ini Saat Berjualan di Whatsapp

Ada berbagai hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu bila ingin memulai usaha berjualan di Whatsapp. Jika salah strategi, bukan tidak mungkin kegagalan akan Anda dapatkan. Simak penjelasan berikut sebagai peringatan bila Anda tidak ingin gagal dalam berbisnis dengan media Whatsapp berikut ini.

1. Sebelum Berjualan, Sediakan Stok Foto Profil Menarik.

Foto yang menarik adalah salah sau daya tarik orang-orang untuk memperhatikan apa yang Anda jual. Misalnya saja, Anda ingin memulai bisnis baju remaja perempuan di Whatsapp. Anda harus melakukan sesi foto dulu pada baju-baju yang akan Anda jual itu. Pilihlah latar belakang foto yang menarik dan terkesan lucu-lucu untuk remaja perempuan agar mereka menjadi tertarik dengan itu.

Bila Anda asal memasang foto profil saja di akun Whatsapp yang akan Anda gunakan untuk berjualan, bukan tidak mungkin orang menjadi tidak tertarik dan bahka bisa memblokir akun Anda karena dikira spam. Anda juga harus menyetok foto yang banyak, jadi foto profil Whatsapp Anda tidak terkesan membosankan. Maka dari itu, persiapan yang matang untuk foto profil ini harus benar-benar Anda perhatikan.

2. Perluas Lingkungan Pertemanan Anda
Saat Anda ingin menjadi penjual yang sukses, syarat paling penting adalah Anda harus mampu memperluas lingkungan pertemanan Anda. Cobalah mencari teman-teman baru dengan mengikuti sebuah komunitas atau kelompok yang orang-orang di dalamnya memiliki ketertarikan atau minat yang sama dengan Anda. Jangan pernah takut untuk mulai membuka pembicaraan terlebih dahulu.

Baca Juga:  Trik Memasarkan Produk Secara Online lewat Media Sosial

Dalam komunitas atau kelompok tersebut Anda akan dipertemukan dengan berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda. Teman-teman yang mereka miliki juga berbeda dengan teman-teman Anda. Maka ada banyak kesempatan yang bisa Anda ambil di sini. Mulailah dengan memperkenalkan diri dan ketika pembicaraan kalian sudah nyaman, mulailah meminta nomor Whatsapp-nya.

Anda tidak perlu merasa sungkan untuk mengutarakan bahwa Anda memiliki usaha dan meminta tolong teman-teman Anda itu untuk membantu memberitahu kepada teman-temannya. Siapa tahu ada yang berminat untuk produk yang Anda jual tadi. Teman yang baik tentu saja akan terus mendukung Anda untuk tetap berjuang.

3. Jangan Ragu Untuk Membuat Grup dengan Teman-Teman Baru Anda.
Tidak ada yang perlu Anda takutkan ketika berniat membuat grup dan memasukkan teman-teman Anda di dalam grup tersebut. Tetapi sebaiknya, beritahu mereka satu per satu dulu maksud Anda membuat grup itu apa. Beritahu mereka bahwa mereka tidak perlu repot lagi untuk berbelanja ke toko hanya untuk mencari pakaian remaja yang mereka inginkan. Mereka bisa memesannya melalui Anda.

Jika Anda membuat grup, Anda bisa secara berkala mengupload foto-foto barang baru dari produk yang Anda jual. Jadi teman-teman Anda bisa langsung melihatnya, karena Whatsapp memang satu-satunya media sosial yang digunakan setiap hari oleh orang-orang dari berbagai lapisan.

4. Berhenti Jadi Penjual yang Cuek.
Selain beberapa poin di atas, inti dari semua itu adalah jangan pernah menjadi penjual yang cuek. Layani pertanyaan demi pertanyaan yang dikemukakan oleh calon konsumen Anda. Beritahukan kelebihan yang dimiliki produk Anda dengan cara yang sangat persuasif. Mungkin sebagian calon konsumen melakukan ini karena memang hanya ingin mengetahui lebih lanjut tentang barang yang mereka ingin beli dan itu tentu saja tidak ada salahnya.

Baca Juga:  Mau Menggunakan Whatsapp Untuk Marketing Bisnis? Persiapkan Hal-hal Berikut Terlebih Dahulu

Mereka wajib waspada pada setiap transaksi yang mereka lakukan dengan orang baru. Tugas Anda adalah jangan pernah bersikap abai dengan mereka. Tetap layani pertanyaan mereka dengan sabar dan jalinlah kedekatan yang baik dengan mereka. Sebab bukan tidak mungkin, ketika mereka mulai nyaman untuk membeli segala sesuatu di toko online Anda, maka mereka bisa mempromosikannya ke teman-teman terdekatnya. Hal ini tentu saja bisa mendatangkan keuntungan yang besar buat Anda di kemudian hari.

Comments
Loading...