Kenapa Sih Whatsapp Marketing Sangat Ampuh Dalam Mempromosikan Produk?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Whatsapp yang sekarang ini sudah semakin marak di kalangan masyarakat mana pun. Whatsapp yang merupakan aplikasi pesan yang mirip seperti SMS ini, hanya mengandalkan data internet untuk berkirim pesan tanpa perlu mengkhawatirkan pulsa habis ataupun jumlah karakter yang dikirimkan.

Anda bisa bebas mengirimkan video, foto, maupun suara tanpa ada batasan apapun. Selain itu, Anda juga bisa saling menerima panggilan dalam bentuk suara dan video tanpa adanya biaya apapun atau gratis. Karena keunggulan tersebut, aplikasi ini sangat populer di negara-negara yang memiliki biaya SMS yang tergolong mahal, seperti Brasil, Meksiko, dan lain-lainnya.

Tidak heran negara-negara yang biaya SMS-nya mahal, sebagian besar masyarakatnya menggunakan aplikasi Whatsapp. Indonesia pun termasuk negara yang penggunaan Whatsaap-nya sangat banyak. Bahkan untuk Indonesia sendiri penggunanya sudah mencapai sekitar 36,7 juta, jadi tidak salah lagi kalau aplikasi ini menjadi salah satu media yang paling populer di dunia.

Semakin banyaknya pengguna yang menggunakan Whatsapp, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pebisnis maupun penjual perseorangan dalam mempromosikan produk jualan mereka. Sebuah sumber terpercaya telah mengklaim bahwa sudah semakin banyak pesan keluar masuk yang terkirim dari aplikasi ini di tiap harinya berisi marketing produk yang mereka jual.

Beberapa survei juga telah membuktikan kalau sebagian besar pengguna mobile phone meluangkan waktu mereka untuk bertukar pesan dengan para penjual produk yang mereka inginkan dan mengharapkan mereka tetap terus berkomunikasi untuk terus mendapatkan produk yang baru.

Baca Juga:  Peluang Bisnis Online Menjanjikan Tahun 2017

Tidak hanya itu saja. Survei juga membuktikan kalau para customer lebih menginginkan penjual yang aktif berkomunikasi dan rutin mempromosikan produknya dibandingkan dengan penjual yang pasif dan hanya mengandalkan penjualan melalui tokonya saja.

Ditambah lagi, sebagian besar masyarakat yang menggunakan aplikasi Whatsapp pasti akan membuka dan langsung membaca pesannya yang masuk hanya dalam waktu maksimal 5 detik. Tentu saja hal tersebut menjadi pemikiran utama para pebisnis maupun penjual kenapa menjadikan Whatsapp sangat cocok sebagai media marketing mereka.

Di sisi lain, Whatsapp bisa dijadikan media untuk saling menyebar luaskan sebuah konten, termasuk broadcast konten promosi produk dari pelaku bisnis, sehingga kemungkinan besar para customer maupun sekedar pengunjung bisa membagikan konten dari pelaku bisnis kepada orang lain lagi. Maka tidak heran kalau promosi maupun produk yang mereka jual akan cepat tersebar di masyarakat.

Dengan begitu, jika Anda memiliki sebuah bisnis dan menggunakan Whatsapp sebagai media marketing Anda, tidak bisa dipungkiri bisnis Anda bisa lebih cepat berkembang dan maju, terutama ke pasar yang lebih luas lagi. Sebagai contohnya, ada seorang penjual yang ingin meluncurkan sebuah produknya dan mencoba aplikasi Whatsapp sebagai media marketingnya.


Penjual tersebut menginginkan produknya menjadi viral di masyarakat agar terkenal sebelum peluncurannya, karena itulah dia membuat sebuah iklan yang menawarkan jika 2 orang calon customer-nya berhasil membuat sebuah video mengenai produknya dan membagikannya kepada orang lain, maka 2 orang tersebut akan mendapatkan secara gratis produk yang penjual tersebut jual.

Baca Juga:  Tips dan Cara Memulai Bisnis Online yang Paling Laris

Tentu saja dengan cara seperti itu, produk penjual tersebut akan cepat viral sebelum peluncurannya dan dampak setelah peluncurannya, produk tersebut juga akan semakin dicari banyak orang. Iklan yang mereka buat ternyata akan memberikan dampak yang cukup besar bagi penjual tersebut, karena adanya penyebaran yang cepat dari pesan Whatsapp calon customer-nya.

Dari contoh tersebut, tentu Anda sudah memahami betapa kuatnya Whatsapp marketing untuk kebutuhan bisnis Anda. Adanya penjelasan kenapa Whatsapp cocok untuk media marketing pun juga sudah terjawab, jadi Anda tidak perlu bingung lagi kalau banyak orang yang menggunakan Whatsapp untuk mempromosikan produk mereka. Anda pun bisa mencobanya dan membuktikannya sendiri keampuhan dari Whatsapp marketing.

Comments
Loading...