Kesalahan Facebook Marketing Yang Harus Di Hindari

Kesalahan Facebook Marketing Yang Harus Di Hindari
Saat ini hampir semua pelaku bisnis sudah menyadari betaa pentingnya memasarkan bisnis mereka di Facebook, mengingat lebih dari 900 juta pengguna faceboook yang secara terus menerus berinteraksi dengan memposting informasi, berbagi, berkomentar, melakukan “like” dan masih banyak lagi. Para pebisnis yang ingin menggunakan media sosial Facebook tentu saja sudah mengetahui beberapa strategi terbaik untuk Facebook marketing, tren-tren yang terbaru dan juga tip-tip layanan pelanggan, sehingga sedikit banyak sudah tahu apakah yang sebaiknya dilakukan.

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya tak Anda lakukan. Menurut penelitian ada sejumlah faktor yang bisa dimaksimalkan oleh para pelaku pasar untuk lebih berhasil dan ada banyak sekali peluang untuk memahami bagaimanakah menjadikan marketing Anda lebih baik, termasuk menghindari kesalahan dalam menggunakan Facebook sebagai alat untuk marketing. Berikut ini kesalahan yang paling umum dalam Facebook marketing.

1. Tak mengisi data informasi bisnis dengan lengkap
Meskipun kesalahan ini kecil kemungkinan untuk dilakukan, namun tak sedikit orang yang tak menggunakan Facebook secara utuh dengan tidak mengisi data-data secara lengkap pada Halaman Bisnis yang mereka buat. Sebuah bisnis harus memiliki jam kerja, foto-foto, alamat dan lain-lain di Halaman Bisnis nya, sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi dengan cepat.

2. Memposting Konten yang Membosankan
Hal-hal yang Anda posting pada Facebook harus sesuai dengan jenis bisnis Anda. Tetap berada dalam koridor tema bisnis Anda merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk interaksi. Hanya karena orang suka dengan produk Anda tak berarti bahwa mereka memiliki minat yang sama dengan Anda, sehingga sebaiknya beri mereka bauran konten yang tetap relevan dengan produk Anda.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Post Software Advance Group Poster Berdasarkan Fungsinya

3. Terlalu Berfokus pada Jumlah Like (Penggemar)
Tak bisa dipungkiri bahwa jumlah “like” memang sangat penting, semakin banyak like, semakin banyak orang yang dijangkau oleh posting an anda. Namun, jumlah like hanya merupakan langkah pertama. Langkah kedua yaitu memastikan bahwa Anda menjangkau audiens yang tepat. Jika mereka me-“like”, mengomentari dan juga membagi konten yang Anda posting secara reguler, maka mereka sudah menjadi pendukung bisnis Anda yang menyebarkan pesan Anda ke teman mereka.

4. Mengabaikan Statistik Facebook
Statistik yang disediakan oleh Facebook menawarkan banyak sekali informasi yang sangat bermanfaat. Namun sangat disayangkan jika tak memanfaatkan data-data tersebut. Data Teman dari Fans adalah salah satu yang sangat menarik, karena Teman dari Fans bisa saja mewakili kumpulan pelanggan yang jauh lebih besar dibanding fans merek. Kenyataannya, untuk 1.000 merk yang teratas di Facebok, jumlah Teman dari Fans adalah 81 kali lebih besar jika dibandingkan dengan jumlah fans bisnis Anda yang sebenarnya. Ini artinya ada audiens potensial dengan jumlah yang sangat besar dan bisa dilibatkan dengan memposting kontens yang unik dan menarik.

5. Tak Memanfaatkan Fitur Iklan Facebook
Tak semua bisnis memiliki budget untuk menggunakan fitur Facebook Ads dalam strategi pemasaran mereka. Namun, bisnis yang memanfaatkan fitur iklan ini bisa terbantu dengan branding yang baik. Jika tak jelas siapa dan apa yang dipromosikan oleh iklan, maka kecil kemungkinan konsumen akan tertarik dengan iklan dan merek tersebut. Juga penting untuk memberikan hadiah karena iklan dengan reward cenderung berpengaruh terhadap keputusan untuk membeli. Selain itu, usahakanlah iklan sekreatif mungkin. Jika tak ada ide tentang jenis iklan yang akan dibuat, manfaatkanlah data statistik Facebook dan ubahlah konten yang paling aktif menjadi iklan sosial.
Itu tadi beberapa kesalahan umum Facebook Marketing yang harus di hindari. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Tips mencari super targeted group menggunakan software advance group poster
Comments
Loading...