Langkah Awal Menjadi Youtuber Pemula

Popularitas dan penghasilan tambahan yang menggiurkan memang banyak menarik banyak orang untuk ikutan menjadi youtuber pemula. Tren positif yang ditunjukkan oleh youtube juga menjadi faktor pendukung mengapa situs milik Google ini dianggap menjanjikan. Juga masih hal yang lumrah kalau Kamu juga ingin ikut mencicipi manfaat dan keuntungan dari situs berbagi video nomor satu dunia ini.

Masalahnya, bagaimana caranya? Darimana Kamu harus memulai? Perlu Kamu ingat bahwa untuk bisa mencapai sukses dengan popularitas dan penghasilan jutaan rupiah adalah jalan yang tidak mudah. Tapi kalau Kamu tahu caranya dan tekun menggarap, maka bukan mustahil untuk mencapai sukses seperti youtuber kelas atas lainnya.

Jenis Video dan Channel di Youtube

Sebelum mulai membahas darimana Kamu memulai, tak ada salahnya kalau kita bahas dulu beberapa hal yang juga perlu diketahui. Misalnya macam video yang umum, jenis channel dan sebagainya. Hal ini agar Kamu bisa memiliki gambaran, seperti apa kegiatanmu nantinya dan bagaimana melakukannya.

Umumnya jenis video yang diunggah oleh para youtuber pemula adalah video blog (vlog), mukbang atau bahkan gaming. Sementara jenis channel yang ada di youtube umumnya juga terbagi menjadi 2 yaitu channel yang berisi video dengan banyak subscriber dan channel yang dibangun dari nol.

Kamu bisa memilih jenis video yang yakin bisa terus Kamu buat dari waktu ke waktu, selalu menarik dan selalu ada yang baru. Dengan demikian penontonmu akan terus menunggu kapan video terbarumu. Selain itu, Kamu juga bisa memilih untuk membuat channel dari videomu yang sempat viral atau mulai membuat channel baru.

Baca Juga:  Mendalami Keahlian Pendukung Youtuber Pemula

Cara Sukses Menjadi Youtuber Pemula

Ada beberapa cara mendasar yang harus terus Kamu lakukan dengan konsisten agar youtube bisa awet menghasilkan buatmu.

Menentukan Siapa Penontonnya

Cara pertama menjadi youtuber pemula adalah dengan menentukan siapa yang akan menonton videomu. Bisakah videomu tersebut “memaksa” mereka untuk berkomentar?  Nah sebenarnya, orang mau menonton video di Youtube itu punya 2 alasan. Yaitu untuk hiburan dan untuk mencari informasi.

Nah disini, ada baiknya Kamu menentukan videomu termasuk untuk alasan yang mana agar lebih spesifik dan lebih mudah diingat orang. Bisa saja Kamu membuat videomu termasuk ke dalam 2 kategori sekaligus, misalnya video tutorial yang menghibur atau video lucu yang ada pembelajarannya.

Darimana Subscribernya

Selanjutnya, Kamu juga perlu menentukan bagaimana skema menjaring subscriber. Usahakan Kamu membangun membangun subscriber dengan cara yang natural. Subscriber akan membuat channel Youtubemu semakin populer dan terus berkembang.

Untuk menggalang subscriber, tentu saja Kamu harus selalu menyajikan video berkualitas dan bermanfaat bagi penonton. Kamu juga bisa membuat video yang relevan dengan target penontonmu. Buat seakan Kamu merasakan apa yang menjadi perhatian utama para penonton videomu. Sehingga mereka tidak akan ragu untuk klik subscribe di channelmu.

Darimana Memulainya

Tips sukses menjadi youtuber pemula berikutnya yaitu menentukan darimana promosi channel di masa-masa awalnya. Saran kami adalah dari lingkungan yang lebih kecil terlebih dahulu sebagai modal awal masuk ke youtube. Contohnya adalah dari lingkungan sosialmu sendiri.

Baca Juga:  Yakin Mau main youtuber atau adbreaker dengan mata tertutup?

Pertama, Kamu bisa berbagi link channelmu di via sosial mediamu sendiri, seperti Facebook, Instagram, Twitter ataupun media lain. Pastikan share-mu tersebut relevan dan bermanfaat, jangan lakkan spam yang berujung banned di youtube dan blacklist di media sosial. Meskipun hasilnya terlihat belum signifikan, sadarlah bahwa apa yang Kamu lakukan ini masih tahap awal.

Optimalkan Fasilitas di Youtube

Manfaatkan fasilitas yang diberikan google dari tampilan dan deskripsi channel untuk mengoptimalkan performa youtube-mu. Banyak pemula yang sayangnya, justru mengabaikan hal ini. Padahal, banyak penonton yang bahkan melihat elemen ini sebagai penanda kredibilitas channelmu.

Berikan rincian singkat di bagian “about” channel youtube serta jelaskan pasa saja macam konten di dalamnya. Sambungkan channel tersebut ke media sosialmu. Lalu, gunakan logo dan banner yang menarik pada beranda channel. Manfaatkan pula fitur playlist yang memudahkan penonton memilih apa yang akan mereka lihat.

Kesimpulan untuk Jadi Youtuber Pemula

Jadi demikianlah beberapa cara yang bisa Kamu coba jika ingin menjadi youtuber pemula. Dengan menerapkan langkah-langkah yang tepat semenjak awal, yakinlah bahwa apa yang sudah Kamu invest di youtube akan memberikan manfaat yang awet. Kamu juga sebaiknya melakukan optimasi dan lebih interaktif agar channel dan pengetahuanmu semakin berkembang. Selamat mencoba.

Comments
Loading...