Macam-Macam Jenis Administrasi yang Harus Dikelola Dalam Menjalankan Bisnis

Administrasi mempunyai peran cukup vital dalam sebuah bisnis. Tak hanya mengenai keuangan, administrasi juga berhubungan dengan pengembangan perusahaan, semua karyawan, dan pihak luar. Secara istilah, administrasi adalah suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, mengarahkan, melayani, atau mengatur semua kegiatan guna mencapai suatu tujuan. Administrasi ini biasanya dikerjakan melalui tahapan-tahapan yang teratur dan dipimpin secara efektif dan efisien, dengan menggunakan sarana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Suatu administrasi dapat dikatakan berjalan dengan baik jika semua orang yang terkait saling melakukan kerjasama sesuai dengan wewenang, tanggungjawab, dan tugasnya masing-masing. Guna menggerakan proses kegiatan usahanya, untuk mengambil keputusan, mengevaluasi kegiatan usaha yang dilakukan, mengetahui sehat atau tidaknya bisnis yang sedang dijalankan, sebagai pengusaha atau pebisnis harus memahami sistem administrasi dan organisasinya. Jika seorang pebisnis sudah memahami sistem administrasi pasti usahanya dapat berkembang dengan baik.

Sebelum itu, Anda harus mengenal macam-macam jenis administrasi yang harus dikelola dalam menjalankan bisnis. Apa sajakah itu?
1. Administrasi Piutang; merupakan administrasi yang melakukan pencatatan penting piutang yang dilakukan oleh perusahaan sebagai informasi internal dan eksternal dari sebuah perusahaan, yang mana informasi internal piutang dapat dijadikan agunan kepada pemberi pinjaman untuk mengatasi masalah keuangan jangka pendek, dan informasi internal piutang dapat digunakan untuk perencanaan dan evaluasi.
2. Administrasi Utang; merupakan pencatatan utang perusahaan yang dapat diambil sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan munculnya kesulitan keuangan membayarkan kembali utang perusahaan.
3. Administrasi Persediaan; pencatatan tentang kekayaan perusahaan.
4. Administrasi Aset Tetap; merupakan pencatatan atas aset tetap yang dimiliki oleh perusahaan yang memiliki fungsi untuk menunjukkan kapan barang tersebut dibeli, menentukan tingkat penyusutan, serta mulai berlakunya dan waktu berakhirnya.
5. Administrasi Kas; pencatatan uang kas perusahaan yang sangat berguna dalam memberikan informasi tentang berapa jumlah uang kas yang masuk dan yang keluar, sehingga menjaga keseimbangan antara penerimaan dan pengeluaran, serta untuk mendukung kegiatan operasional sehari-hari.
6. Administrasi Penggajian; administrasi ini merupakan bagian dari manajemen personalia dan menjadi dasar dalam perhitungan pajak.
7. Administrasi Lainnya; administrasi yang mencakup pencatatan tentang berbagai kebijakan perusahaan, administrasi surat masuk, surat keluar, administrasi sewa menyewa aset, kegiatan kerja sama, serta kegiatan langsung yang dilakukan oleh perusahaan.

Pebisnis haruslah mengimplementasikan seluruh kegiatan administrasi dan pencatatan sebagai sumber informasi internal guna kegiatan usaha yang semakin diperlukan kolaborasi dengan pihak eksternal lainnya. Demikian yang dapat disampaikan mengenai macam-macam jenis administrasi yang harus dikelola dalam menjalankan bisnis. Semoga bermanfaat.

exrush apps