Mau Menggunakan Whatsapp Untuk Marketing Bisnis? Persiapkan Hal-hal Berikut Terlebih Dahulu

Bagi pemilik bisnis online maupun offline, menggunakan beragam media untuk marketing bisnis merupakan keharusan. Tak terkecuali menggunakan aplikasi messenger sejuta umat seperti Whatsapp. Meskipun menggunakan Whatsapp tergolong mudah, namun dalam penggunaannya untuk marketing Anda perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu demi memperoleh hasil penjualan yang optimal.

• Perjelas apa yang hendak dijual dan target market produk
Dalam bisnis apapun, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah menentukan apa yang hendak dijual. Semakin jelas apa yang hendak dijual, maka semakin mudah menentukan target pasar yang kita tuju. Semakin jelas segment konsumen yang Anda tuju, maka akan semakin mudah menentukan cara promosi yang tepat guna menjaring sebanyak-banyaknya calon konsumen.

Jika Anda memiliki kejelasan mengenai layanan atau produk yang hendak ditawarkan, maka semakin mudah membuat produk tersebut menjadi unik. Semakin unik barang atau layanan yang Anda tawarkan, maka semakin besar peluang produk tersebut dilirik oleh calon konsumen.

Proses mempersiapkan database konsumen maupun produk juga akan lebih mudah apabila Anda sudah membagi-bagi segment produk dan konsumen yang hendak dituju. Dalam jangka panjang, menentukan segment layanan atau produk yang hendak dijual dan target pasar yang dituju akan menghemat biaya promosi dan mempermudah proses pembentukan market dari produk tersebut.

Dalam praktiknya, tak ada urutan yang baku dalam menentukan jenis layanan atau produk yang hendak dijual dengan target konsumen yang dituju. Anda bisa menentukan target konsumen terlebih dahulu baru kemudian menentukan produk yang hendak dijual dan sebaliknya.

Baca Juga:  Kegunaan Media Sosial untuk Bisnis Online

• Persiapkan hal-hal yang diperlukan untuk promosi
Setelah mempersiapkan produk yang hendak dijual, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk melakukan promosi melalui Whatsapp.

Persiapan ini bisa berupa mempersiapkan kontak-kontak Whatsapp, foto-foto produk dan kata-kata promosi. Semakin banyak kontak Whatsapp yang kita miliki semakin baik, sepanjang kontak tersebut bukan hasil spamming melainkan asli dari database yang kita miliki.

Hindari pula mengambil kontak dari grup orang lain kemudian langsung mengirim pesan spam promosi. Untuk jangka panjang, hal ini justru akan merusak image produk yang hendak kita pasarkan.

Apabila jumlah produk yang hendak kita pasarkan ada 15 produk, maka persiapkan 15 foto atau lebih foto produk berikut dengan 15 kata-kata promosi. Gunakan jenis komunikasi yang persuasif sehingga calon konsumen tertarik untuk mengenal lebih jauh mengenai produk yang Anda tawarkan.

• Tawarkan promo
Tak ada salahnya menawarkan promo untuk menarik lebih banyak calon konsumen. Anda bisa menawarkan promo bagi pembeli pertama atau bisa juga menawarkan promo bulanan di status Whatsapp Anda. Yang penting berikan promo yang masuk akal, jangan sampai Anda mengalami kerugian karena menawarkan promo yang terlalu berlebihan atau terlalu muluk.

Anda bisa memaksimalkan marketing via Whatsapp dengan membuat program mingguan seperti minggu pertama diskon karena alasan tertentu. Kemudian di minggu kedua Anda melakukan promo cross selling atau memberikan penawaran gratis bagi konsumen yang mendaftar menjadi reseller.

Baca Juga:  Pentingnya Media Sosial Sebagai Media Promosi

Tawarkan program-program yang sekiranya menarik bagi calon konsumen agar database produk maupun database konsumen selalu terupdate. Ajak konsumen lama untuk membeli kembali atau ajak mereka untuk turut berjualan, begitu seterusnya.

Selain mempersiapkan hal-hal di atas, yang tak kalah penting adalah mempersiapkan mental kita ketika berjualan. Tak perlu kecewa jika calon konsumen hanya menanyakan produk tapi belum jadi membeli. Terus lakukan promosi dan kumpulkan database nomor kontak dari pameran, iklan maupun sosial media sehingga market selalu berkembang.

Comments
Loading...