Mendalami Keahlian Pendukung Youtuber Pemula

Dengan berbagai macam daya tarik ditawarkannya, banyak generasi milenial yang kini ingin menjadi youtuber. Iming-iming  kepopuleran, penghasilan dan kerja yang mudah menjadi alasan utama mengapa banyak orang bercita-cita menjadi youtuber. Tanpa tahu apa saja keahlian pendukung youtuber, pekerjaan ini dianggap gampang oleh orang.

Kenyataannya, untuk bisa menjadi youtuber terkenal tetap membutuhkan yang namanya kerja keras. Selain halnya harus selalu bisa menggunggah video baru, ada keahlian yang juga harus dimiiki dan terus dilatih dari waktu-waktu. Lantas apa saja kira-kira skill yang perlu Kamu miliki sebagai pemula?

Keahlian Pendukung Youtuber yang Perlu Dimiliki

Seperti yang diketahui bahwa youtube adalah situs erbagi video. Maka sebaiknya Kamu menguasai beberapa skill pendukung yang berhubungan dengan itu. Nah, sebelum mempelajari keahlian-keahlian yang Kamu anggap relevan dengan channelmu, ada baiknya menguasai keahlian dasar.

Keahlian dasar yang juga menjadi pendukung kegiatan youtuber antara lain;

Keahlian Merekam Gambar dan Video

Merekam gambar dan video mungkin siapapun bisa melakukannya. Tapi untuk menghasilkan video yang menarik, ternyata harus didasari dengan ilmu, yaitu sinematografi. Untuk youtube, pastinya video harus bisa mewakili isi dan ide yang ingin diangkat. Dalam keahlian ini, beberapa hal yang perlu Kamu pelajari antara lain lighting, angle dan optimasi background.

Keahlian Storytelling

Kamu bisa bandingkan video yang hanya memutar musik sebagai background dengan video yang juga diberi narasi suara. Video tanpa ada suara pastinya terasa kurang nendang. Usahakan untuk menambahkan narasimu dengan suaramu  dan merekamnya sendiri. Dan kemampuan bercerita ini termasuk keahlian pendukung youtuber yang perlu Kamu latih agar videomu semakin menarik.

Baca Juga:  Harga Lifetime License Khusus Bulan Ini.. Mau?

Keahlian Edit

Mungkin Kamu pernah dengan cerita mereka yang mengatakan edit video itu berat, butuh banyak waktu, butuh desktop komputer spek dewa dan sebagainya. Ingat, Kamu hanya perlu membuat video untuk youtube. Dan khusus untuk  youtube, editing videonya tidak perlu terlalu ribet. Kamu hanya harus bisa;

  • import file video
  • potong video
  • gabungkan video
  • pisahkan audio dari video
  • tambahkan teks, transisi, stiker yang dirasa perlu saja, lalu
  • render atau eksport file video

Keahlian Youtube

Apa lagi ini? maksud kami adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bagaimana cara menggunakan youtube. Ini juga perlu untuk Kamu miliki dan terus dikembangkan mengingat Google sering memperbarui algoritmenya. Kamu harus familiar dengan kegiatan pengoperasian youtube seperti nonton, komen, like, share dan subscribe. Juga harus terbiasa dengan membuat channel dan upload video.

Tak hanya itu, sebaiknya Kamu juga memahami tentang karakteristik dan spesifikasi video yang diterima youtube. Spesifikasi video meliputi format file video, aspek ratio, resolusi, ukuran file dan spesifikasi audio. Umumnya format yang digunakan adalah .MPEG4 dengan rasio 4:3 ataupun 16:9 resolusi HD.

Mengelola Ide dan Kreatifitas

Tak dapat dipungkiri bahwa ide akan menjadi bahan bakar utama eksistensi channel youtube Kamu kelak. Segalanya berawal dari ide lalu memancing kreativitas dalam menciptakan sesuatu. Menjadi youtuber bukan sekedar melakoni alur merekam ide, edit video, tambahkan cerita, upload, lanjut seterusnya .

Baca Juga:  mimpi buruk yang selalu membayangi youtuber maupun pemain ads break

Ada yang terlewat disini, yaitu bagaimana caranya mengelola ide dan kreatifitas sehingga semakin berkembang dan menjadi semakin menarik. Di mana alurnya? Yaitu di masing-masing alur di atas. kamu bisa mengelola dan mengembangkan ide baru dari setiap alur yang Kamu selesaikan. Dengan demikian akan muncul ide baru untuk dicatat dan ditambahkan belakangan atau di video berikutnya.

Kesimpulan Skill Youtuber

Jadi untuk bisa menjadi youtuber, ternyata bukan sekedar menuntut ide dan kreatifitas yang melimpah. Namun juga bagaimana mengelola dan mengemasnya sedemikian rupa agar lebih diterima, lebih menarik dan selalu ditunggu kelanjutannya.

Untuk mewujudkan semua itu diperlukan latihan. Melatih berbagai keahlian pendukung youtuber yang relevan ini juga terus berjalan beriringan dengan peningkatan alat-alat penunjang kegiatan untuk menghasilkan video berkualitas. Kreatifitas dan keahlian juga harus didukung oleh peralatan yang memadai pula, kan?

Jadi, mulailah untuk belajar mengambil gambar, berbicara ala storytelling, dan edit video. Latihlah rutin dan konsisten tiap hari.

Comments
Loading...