Mengenal Bisnis dropship peluang bisnis modal kecil

Dropship merupakan salah satu bisnis online yang sangat mudah dan praktis, selain itu juga memiliki resiko kerugian yang amat sangat kecil, karena dengan model dropship kita hanya perlu fokus pada toko online kita saja, dan mencari pelanggan tentunya. Sedangkan untuk masalah packing, pengiriman dan lain lain sepenuhnya akan di tangani oleh suplier/dropshippernya.

Jadi dengan model dropship kita tidak perlu menyediakan modal besar untuk membeli dan menimbun barang yang akan kita jual, tidak juga memerlukan gudang yang luas serta karyawan yang banyak (untuk packing dan kirim) kita hanya perlu fokus kepada pelanggan.  Biar lebih mudah coba perhatikan gambar berikut.

 

model dropship

 

Jadi bisnis online dengan model dropship, kita hanya perlu membuat toko online dan menangani calon pelanggan yang ingin order, setelah terjadi deal dan pelanggan membayar, maka kita menghubungi pihak dropshipper membayar produk (setelah di kurangi keuntungan kita) dan mereka mengirim pesanan kita ke pelanggan atas nama toko online kita.

Karena itulah tidak memerlukan modal besar, karena kita sudah menerima uang dari pembeli yang kemudianya bisa kita gunakan untuk membeli barang ke pelanggan. sehingga resiko barang tidak laku hampir tidak ada, karena kita tidak perlu menyimpan barang yang pastinya butuh tempat dan modal gede.

Kekurangan/kelemahan bisnis dropship

Setiap ada kelebihan pasti ada juga kelemahanya, termasuk bisnis online dengan model dropshiping. beberapa kelemahan bisnis dropship di antaranya.

  • Suplier yang gak fast response
    harus di ketahui, pembeli membayar ke kita, sekiranya barang yang di pesan tidak segera di kirim. otomatis kepada kitalah mereka (pembeli) akan ngamuk ngamuk, terlebih lagi banyak sekali pembeli di Indonesia yang masih ragu untuk berbelanja online. jadi terlambat kirim sedikit saja siap siap di amuk2 calon pelanggan, dan ini bisa mencoreng nama toko online kita>> Waspadalah Saat Mencari Suplier untuk dropship 
  • Suplier yang lambat update stok barang
    Banyak sekali suplier yang lambat update stok barang, kadang di web mereka stok masih ada, tapi ketika kita akan memberli ternyata barang sudah habis, saya pernah mengalami sendiri saat dropship produk fashion, ini juga sangat fatal, karena kita harus mengembalikan uang pelanggan Plus bonus omelannya.
  • Kita gak tahu persis knowledge produk tersebut
    Kebiasaan pembeli produk di indonesia biasanya selain nawar mereka akan tanya sedetail mungkin, bahanya apa ukuranya apa aja , tanya ini tanya itu. ini kadang yang sering menjadi masalah jika kita tidak tahu persis kondisi barang yang kita jual tersebut.

Comments are closed.