Tahapan Agar Hasil Iklan Facebook Anda Memuaskan

Tahapan Agar Hasil Iklan Facebook Anda Memuaskan

Tahapan Agar Hasil Iklan Facebook Anda Memuaskan
Merancang iklan Facebook merupakan hal yang tak mudah, terutama bagi para pemula. Yang dimaksud ‘pemula’ di sini bukanlah orang yang belum pernah membuat iklan Facebook sama sekali, namun yang sudah pernah menjlankan iklan hanya saja iklan yang dibuatnya masih belum memuaskan. Bagi anda yang pemula, berikut ini ulasan ulasan langkah yang dapat anda mulai untuk menjalankan facebook ads:

1. Kenali target audiens
Mengetahui target audiens merupakan hal terpenting yang perlu dilakukan sebelum anda merancang copy. Karena pemahaman tentang target audiens akan membantu dan juga memermudah Anda dalam merancang iklan Facebook yang hebat. Bagaimanakah cara yang tepat untuk memahami target audiens? Untuk pertanyaan tersebut, anda dapat bertanya pada klien Anda untuk siapa saja barang yang anda prospek dan kalangan apa saja. Cari tahu apa bahasa pergaulan mereka sehari-hari, di mana mereka berada, topik apa yang biasanya mereka perbincangkan, apa kebiasaan mereka, apa hobi mereka, hal-hal apa yang mereka minati, dll.

2. Kenali Produk
Setelah target audiens, langkah selanjutnya adalah mengenali produk. Pada tahap ini juga tidak kalah penting pula. Jika anda mengetahui produk anda dengan baik, maka akan semakin mudah pula pengaturan ads anda untuk kedepannya.

3. Tentukan Tipe Iklan
Sebagaimana diketahui, Facebook memiliki berbagai macam tipe iklan, di antaranya Page Post Engagement (PPE), Clicks to Website (CTW), Page Likes (PL), Local Awareness (LA), Website Conversions (WC), Lead Generation (LG), dll.dalam tipe iklan, tujuan apa yang ingin anda capai merupakan pertimbangan yang utama. Jika tujuannya memperbanyak visitor, maka buat iklan tipe CTW. Jika tujuannya meningkatkan konversi di landing page, buatlah iklan tipe WC. Jika tujuannya menambah jumlah likes, maka buatlah iklan tipe PL, dan seterusnya.

Baca Juga:  Bagaimana Tahab Melakukan Riset Group Untuk Facebook Group Marketing?

4. Tentukanlah profil target Audiens setepat mungkin
Setelah menentukan tipe iklan, buatlah campaign dan menentukan profil audiens yang menjadi sasaran iklan Anda. Semakin anda mengenali target audiens, maka akan semakin tepat profil yang Anda buat.

5. Tetapkanlah budget seminimal mungkin
Tetapkan budget seminimal mungkin menurut ketentuan Facebook. Budget minimal untuk satu iklan Facebook saat ini adalah IDR 10.000 per hari. Jika Anda bingung, maka langkah termudah adalah dengan menerima setting automatic saja.

6. Rancanglah setiap elemen semenarik mungkin
Setelah mengetahui produk, audiens dan juga tipe iklan apa yang ingin dirancang dan juga menetapkan profil audiens serta budget iklan, maka langkah berikutnya adalah merancang iklan itu sendiri. Beberapa elemen yang penting dalam iklan Facebook antara lain text, headline, video, image, display url, news feed link description dan call to action. Atur elemen dalam satu iklan supaya menarik dan jangan lupa unggah audiens supaya tercipta iklan dan dapat sesuai dengan call to action.

7. Lakukanlah Evaluasi
Setelah iklan Anda berjalan selama satu sampai tiga hari dan hasilnya memuaskan dan biayanya murah, maka Anda bisa menaikkan budget. Namun, jika iklan Facebook Anda tak memberikan hasil yang memuaskan, maka lakukan evaluasi. Lakukanlah evaluasi terhadap profil audiens yang sudah Anda buat, baik dari segi usia, lokasi, bahasa, jenis kelamin, interest, demografi dan behaviors. Jika ada yang kurang, tambahkan. Ada yang keliru, hapus. Jika semua profil audiens yang dibuat salah, gantilah semuanya dengan profil audiens yang baru.

Baca Juga:  Lakukan Tips Ini Untuk Meraih Pelanggan Bisnis Melalui Facebook

Itu tadi beberapa tahapan agar hasil iklan Facebook anda memuaskan. Semoga dengan tahapan diatas iklan anda bisa berhasil 100%.

Comments
Loading...