Tips Cara Memulai Bisnis Buka Usaha Sendiri

Banyak orang yang saat ini tertarik untuk membuka bisnis usahanya sendiri, atau menjadi pengusaha ketimbang hanya sebagai karyawan saja. Alasannya disebabkan oleh banyak hal, utamanya keuntungan bila menjadi pengusaha. Membuka usaha sendiri bisa menjadi suatu peluang untuk menghasilkan uang lebih.

Memang, membuka bisnis usaha sendiri terdengar sangat mengiurkan. Karena, membuka usaha sendiri berarti bisa menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerjanya bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses pun tergolong besar. Meskipun, dengan membuka usaha sendiri harus menghadapi resiko yang jauh lebih besar bila dibanding menjadi karyawan perusahaan.

Apabila Anda tertarik membuka usaha sendiri, berikut ini tips langkah-langkahnya sebagai cara memulai bisnis buka usaha sendiri;
1. Menganalisis jenis usaha terkait yang memiliki prospek sukses yang besar.
Sebelum membuka usaha sendiri, Anda harus memastikan bahwa usaha yang akan Anda dirikan adalah jenis usaha yang Anda minati, serta memiliki keahlian dan pengalaman di bidang usaha tersebut. Untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda, Anda bisa melakukan analisis Break Event Point. Setelah itu, uraikan rencana usaha Anda secara mendetail dan susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan usaha Anda tersebut.

2. Rencanakan Bisnis Anda dengan menyusun konsep yang jelas dan sesuai.
Rencana usaha (business plan proposal) merupakan suatu kebutuhan ketika akan membangun bisnis. Maka, harus anda rencanakan dengan konsep yang jelas dan sesuai.

3. Siapkan Modal.
Faktor penting dalam memulai usaha sendiri, salah satunya ada pada modal. Modal bisa didapatkan dari uang pribadi dari hasil menabung, maupun mencari modal dari investor, meminjan uang dari bank, atau menggunakan sistem partnership. Anda pun bisa memulai bisnis tanpa modal dengan membuka usaha reseller (pengecer) dari suatu produk atau barang.

4. Jadikanlah usaha Anda sebagai usaha yang Legal dan diakui secara hukum
Bila usaha Anda siap berdiri, sebaiknya tentukan struktur hukum untuk usaha Anda. Pilih nama usaha yang baik dan daftarkan nama usaha Anda tersebut kepada Ditjen HKI sebagai merek dagang resmi agar sah di mata hukum. Kemudian, siapkan segala dokumen yang dibutuhkan dan uruslah surat-surat perijinan usahanya.

5. Perluas Networking Anda
Networking bisa menjadi landasan untuk kelangsungan usaha Anda. Untuk memperluas networking, Anda bisa bergabung dengan komunitas yang berhubungan dengan jenis usaha Anda.

Setelah langkah-langkah tersebut Anda laksanakan, Anda bisa memulai bisnis buka usaha Anda sendiri. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis buka usaha sendiri. Semoga sukses!

exrush apps