Tips Menggunakan Whatsapp Marketing Sebagai Media Penjualan yang Efektif

Whatsapp merupakan sebuah aplikasi pesan yang sekilas mirip seperti SMS. Namun, yang membedakannya adalah Whatsaap sama sekali tidak menggunakan pulsa melainkan memakai jaringan internet. Selain itu, Anda bisa berkirim pesan tanpa memikirkan jumlah karakter yang Anda ketikan atau bisa dikatakan Anda bebas mengetikan apa pun dengan jumlah yang tidak terbatas.

Seiring dengan perkembangan zaman teknologi, kini sudah semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi Whatsapp tersebut untuk berbagai keperluan sehari-sehari mereka, seperti meeting, sekedar berbicara, dan sebagainya. Namun, salah satu fungsi Whatsaap yang paling sering dipakai oleh para pebisnis atau penjual adalah sebagai media marketing.

Menggunakan Whatsapp Marketing sebenarnya tidak cukup mudah maupun tidak cukup sulit. Kenapa? Karena, jika Anda tidak tahu seluk beluk cara penggunaannya sebagai media marketing, promosi yang Anda lakukan akan sia-sia. Maka dari itulah, Anda harus mengikuti tips-tips berikut agar Whatsapp Marketing Anda bisa berjalan efektif.

1. Kumpulkan kontak calon customer sebanyak-banyaknya
Kalau Anda sedang mengikuti sebuah pameran atau event, sebaiknya jangan lupa mengumpulkan kontak pengunjung untuk dimasukkan ke dalam kontak Whatsapp Anda. Tentu Anda tidak ingin mereka hanya melihat produk Anda saja, bukan?

Tidak apa-apa kalau saat pameran mereka tidak membeli produk Anda, asalkan Anda sudah mendapatkan kontak mereka agar bisa menghubungi mereka. Pastinya sebagian besar dari mereka membuka pesan Whatsapp secara berkala, sehingga memungkinkan pesan promosi produk Anda akan terbaca dan di follow up oleh mereka.

Baca Juga:  E-commerce Website vs Media Sosial, Lebih Efektif Mana?

2. Jangan lupa mintalah calon customer untuk menyimpan kontak Anda
Jika Anda sudah mendapatkan kontak Whatsapp calon customer-nya, berikanlah mereka sebuah tawaran yang membuat mereka tertarik untuk menyimpan kontak Whatsapp Anda. Kenapa mereka juga harus menyimpan kontak Anda?

Tentu saja agar mereka bisa menerima pesan broadcast dari Anda, karena kalau orang tersebut tidak menyimpan kontak Whatsapp Anda, pastinya pesan yang Anda broadcast ke orang tersebut tidak akan masuk ke dalam pesan mereka. Pastinya Anda tidak menginginkan hal itu terjadi, bukan?

Karena itulah, agar mereka tertarik untuk menyimpan kontak Whatsapp Anda, alangkah baiknya Anda memberikan sebuah penawaran kecil tapi menarik dan unik bagi mereka yang menyimpan kontak Anda. Anda bisa menyertakan pemberian hadiah gratis, seperti barang kecil, kupon produk Anda, dan sebagainya. Dengan cara seperti itu, kemungkinan besar mereka akan menyimpan kontak Anda.

Tapi, kalau Anda memiliki cara lain untuk menarik perhatian mereka agar menyimpan kontak Anda, gunakan cara tersebut, asalkan caranya masih wajar dan tidak mengandung SARA.

3. Berikan pesan broadcast secara berkala namun jangan terlalu sering
Agar mereka membeli produk jualan Anda, sebaiknya pelajari lebih dulu teknik copywriting, hyposelling, serta hypnowriting, karena mengandalkan penawaran atau promosi saja tidak akan cukup untuk mereka. Di sisi lain, jangan sampai Anda terus menerus mengirim pesan broadcast hingga menjadi pesan “spam” agar mereka mau membacanya.

Baca Juga:  Alasan Anda Harus Memilih Whatsapp Untuk Media Bisnis

Berikan selang beberapa waktu untuk mengirim pesan broadcast lagi supaya mereka terus bisa membaca pesan dari Anda. Karena semakin sering Anda mengirim pesan broadcast tanpa adanya selang waktu, bisa dimungkinkan mereka akan menghapus kontak Anda. Jadi berhati-hatilah saat mengirim pesan broadcast.

Tidak hanya itu saja yang perlu Anda perhatikan. Terkadang, mereka pasti akan bosan juga dengan pengiriman pesan yang berisi produk jualan saja. Untuk menghindari kebosanan dari para calon customer, sebaiknya berikan selingan pesan berisi tips maupun pesan-pesan yang bisa bermanfaat bagi mereka. Jangan lupa berikan informasi yang menarik supaya mereka semakin penasaran dengan bisnis Anda.

Itulah 3 tips yang efektif agar Whatsapp marketing Anda tidak sia-sia. Dengan adanya tips tersebut, tentu dalam sehari Anda tidak bisa langsung menguasainya. Anda perlu mempelajari beberapa teknik yang lain yang bisa Anda ikuti di kursus maupun buku-buku khusus Whatsapp marketing. Kalau Anda sudah menguasainya, Anda bisa lebih mudah mendapatkan customer dan penjualan akan semakin meningkat.

Comments
Loading...